Unsur Unsur Gerak Dalam Tari

May 25, 2018
http://www.jooinfoo.com/2018/05/unsur-unsur-gerak-tari.html

Dalam sebuah gerakan tari pastinya memiliki unsur unsur maupun kaidah kaidah gerakan. Di dalam seni tari memiliki gerakan tari yang akan membuat sebuah tarian lebih bermakna dan memiliki nilai seni artisik yang tinggi. Jika seorang penari mengikuti kaidah kaidah dan unsur unsur tari maka tarian yang di hasilkan akan memiliki makna yang tinggi dan indah.
Berikut unsur unsur gerakan tari lengkap:

1. Tenaga
Tenaga digunakan untuk mengawali, mengendalikan, dan menghentikan gerak. Tenaga juga yang membedakan adanya gerak yang bervariasi. Penggunaan tenaga tentu disesuaikan dengan kebutuhan aktivitasnya masing-masing. Melalui penggunaan tenaga akan dapat membedakan tarian yang berbeda seperti tari halus, tari putri, dan tari gagah

Penggunaan tenaga dalam tari meliputi tiga aspek, yaitu sebagai berikut :
a. Intensitas, yaitu banyaknya atau sedikitnya penggunaan tenaga yang dilakukan oleh penari sehingga menghasilkan tingkatan ketegangan.
b. Aksen, yaitu perubahan gerak dengan penggunaan tenaga secara tiba-tiba dan kontras.
c. Kualitas, yaitu efek gerak yang diakibatkan oleh cara penggunaan atau penyaluran tenaga.

2. Ruang
Ruang dalam tari adalah tempat yang digunakan untuk kebutuhan gerak. Gerak yang dilakukan dalam ruang dapat dibedakan ke dalam ruang yang digunakan untuk tempat pentas dan ruang yang diciptakan oleh penari.
Cara penggunaan ruang dalam unsur unsur gerakan tari:

 a. Ruang sebagai tempat pentas yaitu tempat penari dalam melakukan gerakan sebagai wujud ruang secara nyata, yaitu merupakan arena yang dilalui oleh penari saat menari.
b. Ruang yang diciptakan oleh penari ketika membawakan tarian. Gerak yang besar tentu menggunakan ruang yang luas, dan gerak yang kecil akan menggunakan ruangan yang tidak luas.

Cara penggunan ruang dalam tari dapat dilihat dari beberapa segi yaitu :

(1) Garis yaitu kesan yang ditimbulkan setelah penari selesai menggerakkan tubuhnya. Garis ini dapat ditimbulkan oleh badan penari dan atau di luar badan penari. Dari bentuk-bentuk garis tubuh dan anggota tubuh tersebut akan menghasilkan desain-desain gerak dan garis yang masing-masing memiliki kesan tersendiri.


Desain penggunaan Ruang:
a) Desain vertikal yaitu disain yang menggunakan anggota badan pokok yaitu tungkai dan lengan menjulur ke atas, atau ke bawah.
b) Desain horizontal, yaitu desain yang menggunakan sebagian besar dari anggota badan mengarah ke garis horizontal.
c) Desain lengkung, yaitu desain dari badan dan anggota-anggota lainnya yang menggunakan garis-garis lengkung. Desain  ini memberi kesan halus dan lembut.

    Gerak-gerak di luar badan penari dapat berupa garis-garis seperti garis diagonal, garis lengkung, garis lurus, garis lingkaran, dan sebagainya.
http://www.jooinfoo.com/2018/05/unsur-unsur-gerak-tari.html

(2) Arah, yaitu arah hadap dan arah pandangan penari ketika menari. Arah hadap dan pandangan penari dapat ke samping kanan-kiri, arah ke depan, arah ke belakang, arah serong depan kanan-kiri, arahserong belakang kanan-kiri, dan sebagainya.

(3) Level, yaitu berhubungan dengan tinggi rendahnya gerak dari badan penari, dan tinggi rendahya badan penari ketika menari. Terdapat tiga jenis level dalam tari yaitu level tinggi. Pada level  ini, gerak yang dilakukan di atas badan penari. Level sedang yaitu gerak yang dilakukan berkisar di bawah bahu sampai perut, dan level rendah yaitu gerak yang dilakukan dari perut ke bawah. Penggunaan level-level  tersebut dapat digunakan pula dengan cara meninggikan atau merendahkan tubuh dari bentuk tubuh yang normal.

3. Waktu

Penggunaan waktu dalam gerak tari, yaitu berkaitan dengan penyelesaian sebuah gerakan. Misalnya, untuk gerak berjalan sambil kaki jinjit dapat dilakukan dengan gerak lambat, gerak cepat atau gerak sedang. Oleh karena itu, waktu dalam tari terkait dengan ritme atau irama yang sekaligus memberikan nafas sehingga tari tampak hidup.

Sekian di atas merupakan artikel mengnenai unsur unsur gerakan dalam sebuah tarian. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita terimakasih. Silahkan berkomentar apabila ada yang ingin di tanyakan mengenai Unsur Unsur Gerak dalam sebuah tarian.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda