10 Cara Agar Hidup Semakin Bahagia dan Tentram


Kehidupan yang bahagia, tentram, dan tenang pastinya menjadi dambaan oleh setiap orang di dunia. Kehidupan yang tentram dan bahagia sangat menjadi dambaan setiap manusia. Banyak harta belum tentu menjamin kehidupan sesorang merasa bahagia contohnya saja para koruptor dan para mavia walaupun mereka kaya tapi hidupnya tidak bahagia, Orang miskin pun  juga belum tentu bahagia.  Nah kali ini kami mau berbagi informasi dan artikel agar hidup kita jadi semakin menjadi bahagi dan tentram, kami pun sedang mencoba langkah langkah agar hidup kita tentram dan bahagia, semoga kita bisa bersama sama menerapkan 10 cara tersebut. 

http://www.jooinfoo.com/2018/06/10-cara-agar-hidup-semakin-bahagia.html

Berikut 10 Cara Agar Hidup Kita  Semakin Bahagia dan Tentram:

1. Jangan membenci,  Cintai sesama

Cara pertama yaitu jangan ada rasa benci terhadap seseorang. rasa benci dapat menyebabkan hati kita resah dan membuat kita hidup kita tidak tentram. Kemudian pupuklah rasa cinta terhadap sesama mahkluk ciptannya dengan hal tersebut akan membuat hati kita tenang dan hidup kita menjadi lebih bahagia.

2. Jangan Khawatir, Jalani Saja

Yang kedua yaitu jangan terlalu khawatir akan sesuatu, karea apabila kita terlalu khawatir dan cemas pada suatu hal akan membuat hidup kita di selimuti rasa ketakutan dan membuat hidup kita tidak bahagia. Jalani saja hidup kita dengan usaha terbaik dan jalani hidup kita dengan penuh kebaikan, kejujuran dan kesabaran untuk hasilnya kita serahkan pada Yang Maha Kuasa. Dengan begitu akan tertanam rasa yakin dan tenang pada hati kita, yang akan menjadikan hidup kita tentram dan bahagia.

3. Sedikit menerima, Banyak Memberi

Langkah ketiga agar hidup kita menjadi bahagia yaitu sedikit menerima atau sedikit berharap pada pemberian orang lain agar tidak terbentuk sifat pemalas yang akan membuat hidup kita sengsara. Banyak memberi (Sedekah) dengan kita memberi maka kita akan diberi balasan terbaik olehNya. Karena penelitian membuktikan bahwa orang dermawan memiliki tingkat hidup lebih besar. Dengan kita menyedahkan uang kita dan membuat orang lain senang, hal itu lebih baik 2 kali daripada efek aspirin dan dengan kita memberikan seuatu pada orang lain akan meningkatkan kesahatan mental dan fisik kita. Tanda kutip : ketika kita meminta kita  hanya diperbolehkan banyak meminta hanya kepad Yang Mah Esa.

4. Sedikit Konsumsi, Banyak Produktif

Agar kehidupan kita lebih bahagia, biasakan sifat dan perilaku yang tidak mengembangkan budaya konsumtif, jangan terlalu konsumtif yang tidak sehat, biasakan hidup yang kreatif, dan lebih banyak produktif, hal ini juga bisa di terapan pada waktu yaitu manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk hal yang produktif dan hal yang bersifat postif dan bermanfaat. Dengan begitu hidup akan lebih bahagia dan bermakna bagi diri sendiri dan orang orang di sekitar kita.

5. Jangan Cemberut, Banyakin Ramah

Bayangkan saja bila kita selalu cemberut dan banyak mengeluh maka orang di sekitar kita juga akan tidak suka terhadap kita. Cemberut dan mengeluh dapat membuat masalah tambah runyam dan di jauhi orang orang di sekitar dan solusi dari permasalahan hidup kita pun akan semakin jauh dari titik terang. Sebaliknya jika kita selalu berfikir postif, ramah pada diri sendiri dan orang lain, serta selalu membantu orang lain dan selalu tersenyum dan ramah pada orang lain maka permasalahn hidup kita niscaya akan menemukan jalan keluar. Ada sebuah pepatah yang mengatakan “Senyum adalah sebuah ibadah”. Kita juga harus tetap ramah walaupun kepada orang yang bersikap acuh pada kita, karena dengan begitu ukhuwah persaudaraan akan tumbuh dan berkembang sehingga hidup kita pun akan semakin bahagia dan semakin tentram.

6. Sedikit bicara, Banyak mendengar

Kita diciptakan oleh Tuhan dengan satu mulut dan dua telinga, itu memberikan indikasi bahwa kita harus lebih sedikit berbicara dan lebih banyak mendengar. Perlu di ingat kita harus mendengarkan hal-hal yang baik dan bermanfaat serta sedikit bicara namun bicara seperlunya saja, dan dalam berbicara kita harus mengutarakan hal yang baik dan benar , dengan begitu permusuhan dan konflik bisa kita hindari dan kehidupan kita niscaya akan semakin bahagia dan baik.

7. Jangan khawatir, dan lebih banyak mencoba

Hidup jangan terlalu khawatir kenang masa lalu, syukuri hari ini, dan optimis pada masa depan. Jangan takut dan khawatir akan kegalan, lebih banyak mencoba, berusaha dan berdoa agar mimpi dan cita-cita kita dapat diwujudkan Nya. Dengan begitu hidup akan semakin bahagia dan semakin produktif.

8. Jangan menghakimi, Banyakin instropeksi diri

Terlalu menghakimi orang lain, mencari kesalahan orang lain dapat menimbulkan sifat iri hati dan dengki. Sifat iri dan dengki akan membuat hidup kita menjadi sengsara. Padahal belum tentu orang yang kita hakimi dan kita cari kesalahannya lebih buruk daripada kita, malah bahkan kita bisa lebih buruk dariada mereka. Oleh sebab itu seyoganya kita harus banyak instropeksi diri dan memperbaiki diri kita. Dengan begitu kedamaian dan kebahagian hidup akan semakin bertambah.

9. Sedikit memperhatikan, Banyak bertindak

Memperhatikan sebenarnya baik. Namu jika terlalu banyak menonton dan memperhatikan maka engkau akan di ubah oleh orang lain dan diubah oleh dunia dan jati dirimu akan perlahan hilang. Namun banyak praktik dan banyak bertindak dengan begitu kita bisa membuktikan dan mewujudkan hal yang kita yakini dan hal yang kita impikan. Dengan begitu hidup akan semaki sejahtera dan semakin bahagia.

10. Sedikit mengeluh, Lebih banyak mengapresiasi

Mengeluh bukannya menyelesaikan masalah malah akan memperburuk keadaan, mencaci akan membuat kita lebi hina dari pada orang yang kita caci. Namun dengan kita lebih mengapresiasi diri kita dan orang lain maka kesemptan untuk meraih cita-cita dan bersinergi dengan orang lain akan semakin terbuka lebar. Hal itu iscaya akan membuat hidup kita semakin bahagia dan nyaman.


Termikasi telah melihat artikel 10 Cara Agar Hidup Semakin Bahagia dan Tentram, mudah mudahan artikel ini dapat menjadi perantara agar kita menjadi manusia yang lebih baik, lebih bermanfaat, lebih produktif dan lebih bahagia dari pada sebelumnya. Karena orang yang bijak dan bahagia adalah orang yang lebih baik daripada dirinnya yang kemari. Jangan jadi yang terbaik namun jadilah orang yang  orang yang terbai dalam berbuat baik pada sesama, jadilah yang terbaik dalam berprestasi dan jadilah orang yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi masyarakat. Dengan begitu makna hidup akan semakin bermakna dan bahagia. Semoga Tuhan memberikan kepada kita hidup yang berkah, baik, sukses, dan bermanfaat, bukan hanya di dunia. Namun di dunia juga di akhirat kelak. Aamiin.


Baca Juga:
66 Kata Kata Sabar Menghadapi Masalah dan Ujian Hidup
Kumpulan Kata Kata Motivasi Islami Kehidupan
Kata Kata Motivasi dan Inspirasi Kehdipa Pilihan


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel