11 Cara Menjadi Lebih Kreatif Dan Inovatif

July 23, 2018
11 Cara  Menjadi Lebih Kreatif Dan Inovatif. Kreatif atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Daya cipta adalah suatu proses membuat ide, membuat sebuah produk dan membuat hal baru  yang memiliki manfaat dan fungsi bagi kehidupan manusia.

Sedangkan Inovatif atau dalam Bahsa Indonesia berarti Reka baru, adalah suatu sifat atau proses dari seseorang yang dapat memberikan suatu terobosan baru dan sistem baru pada suatu produk yang sudah ada dan menjadikannya lebih efektif dan lebih bernilai jual.

Pentingkah Kreativitas dan inovasi?
Bagi seseorang entah itu pelajar, karyawan, bos, penemu, wirausahawan, pebisnis atau pfofesi lainnya sangat membutuhkan yang namanya kreativitas dan inovasi, dan kenapa? Karena dengan hal tersebut maka dalam pengerjaan suatu hal yang dilakukan akan dapat diselesaikan dengan lebih baik, efektif dan efisien. Jadi sifat kreatif dan inovatif sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan kita untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dengan lebih cepat dan tepat.

Jadi bagi kamu yang ingin menjadi lebih kreatif dan inovatif simak cara-cara berikut ini untuk meningkatkan daya cipta dan reka baru mu, simak dan praktekan point-point penting di bawah ini :

1. Budayakan Membaca

Membaca Membuat Kreatif
Membaca Membuat Kreatif Via : Pexels.com

Membaca merupakan hal yang sangat bermanfaat, karena dengan anda membudayakan membaca maka hal tersebut akan menambah pengetahuan dan informasi di otak anda, ketika otak anda mendapatkan informasi maka jutaan neuron dan milyaran sel-sel otak akan saling terhubung dan informasi akan tersimpan, proses itulah yang akan menjadikan anda semakin keratif dan inovatif dalam berfikir dan menemukan ide gagasan.

2. Menulis Jurnal Tingkatkan Ide dan Inspirasi

Menulis Membuat Kreatif
Menulis Membuat Kreatif Via :pexels.com

Jurnal adalah kumpulan tulisan-tulisan yang biasanya ditulis pada awal hari, dan jurnal memiliki fungsi sebagai jadwal mengenai hal-hal apa yang akan kita laukukan pada hari itu.

Salah satu Profeson asala profesor Harvard Bussiness School: ketika seseorang membuat jurnal mengenai hal yang akan dilakukan hal itu, dapat meningkatkan fokus dan etos kerja seseorang.

Jurnal ini lebih bersifat privasi dan tidak untuk dipublish, jadi minimal luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk menulis juranl dan ide anda di hari itu secara berkala dan rutin.

3. Ikut Kursus Seni dan Kerativitas

Mengikuti Kursus Kreatif dan Seni
Mengikuti Kursus Kreatif dan Seni Via:pexels.com

Jika anda bukan orang yang belajar dengan cara otodidak, maka anda perlu bantaun seorang guru atau mentor, jadi ikut kusrsu atau seminar maka akan membuat kamu bisa belajar dari orang yang lebih pandai dari kamu.

Kamu bisa mengikuti kursus seni dan kursus kreativiatas seperti : melukis, musik, editing video, desain grafis, desain web dan sejenisnya.

Selain kursus offline banyak tersedia kursus online dan forum diskusi online yang tersebar luas di sosial media dan internet, jadi bila anda tidak memiliki waktu luang anda bisa mengikuti dan bergabung di kursus online.


4. Traveling Atau Berpergian Ke Tempat Lain

Travel Untuk Kerativitas dan Inovasi
Travel Untuk Kerativitas dan Inovasi Via:pexels.com


Otak terangsang dan terhubung ketika meilhat hal-hal baru, suasana baru, lingkungan baru dan kehidupan baru, jadi bila sesekali anda berpergian atau traveling hal ini dipercaya dapat meningkatkan daya kreatif dan inovatif pada otak anda.

Dengan anda berpergian ke tempat-tepat baru hal ini akan membuka wawasan dan menambah sudut pandang anda dalam melihat dunia dan peluang.

Terlibat dan berinteraksi langung dengan budaya baru, kehidupan baru akan menjadikan otak anda akan memiliki daya cipta dan menimbulkan sifat inovasi pada diri anda.

5. Rutin Berolahraga

Berolahraga Tingkatkan Keratif
Berolahraga Tingkatkan Keratif Via :pexels.com

Otak yang vemerlang biasanya di dukung oleh fisik dan psikis yang baik, karena dengan keadaan prima otak dapat bekerja dengan baik dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

Cara untuk menjaga otak anda selalu fokus dan kosnsentrasi adalah dengan berolahraga, selain baik bagi kesehatan fisik olahraga juga dapat meningkatkan daya cipta anda secara signifikan.

6. Lakukan Hobi Yang Anda Sukai

Hobi Tingkatkan Krativitas dan Inovasi
Hobi Tingkatkan Krativitas dan Inovasi Via : pexels.com

Bila kamu memiliki hobi yang dapat membuat kamu bahagia, maka lakukanlah dengan anda melakukan hobi yang disukai hal ini dapat meningkatkan kerativitas dan inovasi diri anda.

Melakukan hal yng disukai akan membuat kamu memiliki ide-ide cemerlang, dan saat kamu merasa bahagia maka ide dan gagasan baru akan muncul dengan sendirinya.

7. Berfikir Seperti Anak Kecil
Berfikir Kreatif Seperti Anak Kecil
Berfikir Kreatif Seperti Anak Kecil Via:pexels.com


Pablo Pocasso pernah berwanti-wanti  “Semua anak kecil adalh seniman, dan ketika beranjak dewasa hanya sedikit anak yang dapat mempertahankan jiwa seni dalam dirinya.”

Pernahkan anda melihat adik anda, anak anda atau anak kecil di lingkungan anda yang memiliki pertanyaan yang terkadang menjengkelkan, seperti bertanya terus menerus mengenai apa dan kenapa suatu hal dapat terjadi.

Dengan kita berfikir seperti itu maka akan membuat kamu menjadi beda dan kreatif dibandingkan dengan orang-orang lain di sekitar kamu.

8. Bekerja Sama dan Berinteraksi Bersama

 
Bekerja Sama Tingkatkan Kreativitas
Bekerja Sama Tingkatkan Kreativitas Via: Pexels.com

Melakukan grub diskusi atau kerja kelompok mungkin di kator, di seklah hal ini dapat menambah kreativitas and, paslanya saat kamu bekerja sama dan berdiskusi dengan rekan kamu, maka ide baru dan inovasi akan muncul dan dapat digabungkan bersama.

9. Break dan Istirahat Ketika Lelah Bekerja

Istirahat
Istirahat Via :pexels.com

Bekerja kera itu baik, namun pastikan kamu menjaga kesehatan dirimu, semisal ketika sudah penak dan capek bekerja ada baiknya kamu, beristirahat.

Karea otak manusia itu layaknya processor komputer yang perlu di istirahatkan dan break. Dengan beristirahat maka ide baru akan muncul hal ini disebut dengan difus think, atau berfikir acak.

10. Berinteraksi  Dengan Orang-Orang Kreatif 


Bekerja Dengan Orang Kraetif
Bekerja Dengan Orang Kraetif Via : pexels.com

Pernahkah anda mendengar bahwa : Jika kamu memiliki teman penjual minyak wangi kamu akan ketularan bau waingi tersebut, dan bila kamu berteman dengan pandai besi maka bajumu setidaknya akan terbakar atau kamu akan terkena bau gosong api.

Jadi dengan kamu berinteraksi dan behubungan dengan orang-orang kreatif maka kamu akan ikut ketularan kreatif dengan pemikiran dan sudut panda mereka, kamu bisa membaca biografi orang-orang tersebut atau langsung berinteraksi dengan mereka.

11. Bekerja Sambil Mendengarkan Musik

 
Bekerja Sambil Mendengarkan Musik
Bekerja Sambil Mendengarkan Musik Via : pexels.com

Bagi kamu yag bekerja di kantoran atau di sebuah instansi atau di depan komputer maka ada baiknya kamu bisa sambil mendengarkan musik.

Musik-musik tertentu dapat meningkatkan kecerdasan emosi dan kecerdasan intelektual kamu, bagi kamu yang muslm kamu juga bisa mendengarkan juga lantuna ayat-ayat suci Al Quran.

Beberapa pekerjaan akan lebih fokus untuk dilakukan dengan mendengaran musik atau suara-suara yang kamu sukai. Jadi lakukanlah hal ini untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi pada diri mu.


Baca Juga :
 4 Nikmat Yang Diterima Manusia Harus Disyukuri
Gunakan 6 Cara Ini Untuk Menyelesaikan Permasalahan Hidup Anda
10 Cara Agar Hidup Semakin Bahagia dan Tentram

Sekian ulasan mengenai cara untuk menjadikan diri anda menjadi lebih kreatif dan inovasi dalam mengerjakan seuatu yang anda cintai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda