Materi Rangkuman Sejarah Indonesia USBN Lengkap!

 Materi Sejarah Indonesia USBN Lengkap!

Materi Sejarah Indonesia yang sudah di rangkum, yang dapat di jadikan sebagai sumber referensi dan pembelajaran Untuk para pelajar SMA, SMK, dan MA. Yang hendak mengahadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Materi sejarah indoensia ini sudah kami rangkum dari kelas X, XI dan XII. Semoga dapat bermanfaat.
 
Rangkuman-Materi-Sejarah
Rangkuman Materi Sejarah Lengkap Via:Pexels.com


  1. Menganalisis ciri ciri sejarah !

a. Unik (einmaleg): peristiwa sejarah itu unik (einmaleg) dikarenakan hanya terjadi 1 kali dan tidak pernah terulang kembali.

b. Abadi: peristiwa sejarah dikatakan abadi dikarenakan peristiwa sejarah tidak akan pernah berubah dan tetap dikenang sepanjang masa.

c. Pengaruhnya besar: peristiwa sejarah memiliki pengaruh yang sangat besar dan dapat mempengaruhi banyak orang sehingga dapat mengenang peristiwa tersebut. 

2.Menentukan sumber sumber sejarah !
  • Sumber tertulis adalah sumber sejarah yang diperoleh melalui peninggalan-peninggalan tertulis, catatan peristiwa yang terjadi di masa lampau, misalnya prasasti, dokumen, naskah, piagam, babad,surat kabar, tambo (catatan tahunan dari Cina), dan rekaman.
  • Sumber lisan adalah keterangan langsung dari para pelaku atau saksi mata dari peristiwa yang terjadi di masa lampau. Pelaku sejarah adalah orang yang secara langsung terlibat dalam peristiwa sejarah.
  • Sumber benda adalah sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan, misalnya, alat-alat atau benda budaya, seperti kapak, gerabah,perhiasan, manik-manik, candi, patung, perhiasan, peralatan perang, gerabah, manik-manik dan sebagainya.

Sumber sejarah digolongkan berdasarkan sifatnya.

  • Sumber primer disebut juga sumber utama atau sumber asli. Merupakan informasi yang diperoleh secara langsung dari pelaku atau saksi peristiwa bersejarah. Contoh sumber primer tertulis adalah arsip-arsip.
  • Sumber sekunder berisi informasi atau keterangan yang diperoleh dari perantara, tetapi tidak memiliki hubungan secara langsung terhadap terjadinya peristiwa sejarah.
  • Sumber tersier merupakan keterangan lisan yang diperoleh atau disampaikan oleh pihak ketiga atau lebih. Pihak ketiga ini misalnya saksi ahli,




   3. Tujuan kronologi dalam sejarah !

Tujuan dibuatnya kronologi dalam sejarah adalah agar penyusunan berbagai peristiwa sejarah dalam periodisasi tertentu tidak tumpangtindih atau rancu dengan metode lainnya . kronologi sejarah berarti sesuai dengan urutan waktu kejadian dari peristiwa sejarah tersebut , sehingga tidak berlangsung secara loncat-loncat .

  1. Menganalisis konsep berfikir sinkronik dan diakronik !

  • Secara Sinkronik

1) Mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu.

2) Menitikberatkan kajian peristiwa pada pola-pola, gejala, dan karakter.

3) Bersifat horizontal

4) Tidak ada konsep perbandingan

5) Cakupan kajian lebih sempit

6) Kajiannya sangat sistematis

7) Sifat kajian lebih serius dan mendalam

  • Secara Diakronik :

  1. Mengurutkan peristiwa-peristiwa sejarah sesuai dengan waktu
  2. membuat klasifikasi dari peristiwa-peristiwa sejarah dalam tahap-tahap dan pembabakan tertentu.
  3. mengadakan tinjauan secara menyeluruh terhadapperistiwa-peristiwa yang telah terjadi dan saling keterhubungannya [13/3 16.22] V Rinjani: Penggolongan Sumber Sejarah.

  1. Menganalisis tahap tahap dalam metode penulisan !

  1. Heuristik berasal dari kata Yunani, heuriskein, artinya menemukan. Heuristik, maksudnya adalah tahap untuk mencari, menemukan, dan mengumpulkan sumber-sumber berbagai data
  2. Verifikasi adalah penilaian terhadap sumber-sumber sejarah. Verifikasi dalam sejarah memiliki arti pemeriksaan terhadap kebenaran laporan tentang suatu peristiwa sejarah. Penilaian terhadap sumber-sumber sejarah menyangkut aspek ekstern dan intern.
  3. Interpretasi adalah penafsiran terhadap suatu peristiwa, fakta sejarah, dan merangkai suatu fakta dalam kesatuan yang masuk akal.
  4. Histrografi merupakan tahap terakhir dari kegiatan penelitian untuk penulisan sejarah.

  1. Menentukan asal usul nenek moyang Indonesia Ras Melanesoid !

Ras Melanesoid di kepulauan Indonesia tinggal di Papua. Suku bangsa Melanesoid menurut Daldjoeni sekitar 70% menetap di Papua dan yang 30% tinggal di beberapa kepulauan di sekitar Papua dan Papua Nugini. Pada awalnya, kedatangan bangsa Melanesoid di Papua berawal ketika zaman es berakhir (tahun 70000 SM). Adapun asal mula bangsa Melanesoid adalah Proto Melanesoid. Proto Melanesoid tersebut adalah manusia Wajak yang tersebar ke timur dan menduduki Papua, sebelum zaman es berakhir dan sebelum kenaikan permukaan laut yang terjadi pada waktu itu. Manusia Wajak di Papua hidup berkelompok-kelompok kecil di sepanjang muara-muara sungai. Bangsa Proto Melanesoid yang belum sempat mencapai kepulauan Papua melakukan pencampuran dengan bangsa Melayu. Pencampuran kedua bangsa tersebut menghasilkan keturunan Melanesoid-Melayu yang saat ini merupakan penduduk Nusa Tenggara Timur dan Maluku.

  1. Menjelaskan teori masuknya Hindhu-Budha di Indonesia !

1. Teori Brahmana oleh Jc.Van Leur

Teori Brahmana adalah teori yang menyatakan bahwa masuknya Hindu Budha ke Indonesia dibawa oleh para Brahmana atau golongan pemuka agama di India.

2. Teori Waisya oleh NJ. Krom

Teori Waisya menyatakan bahwa terjadinya penyebaran agama Hindu Budha di Indonesia adalah berkat peran serta golongan Waisya (pedagang) yang merupakan golongan terbesar masyarakat India yang berinteraksi dengan masyarakat nusantara

3. Teori Ksatria oleh C.C. Berg, Mookerji, dan J.L. Moens

Dalam teori Ksatria, penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia pada masa lalu dilakukan oleh golongan ksatria.

golongan ksatria di kerajaan-kerajaan yang kalah perang pada masa itu dianggap melarikan diri ke Nusantara

4. Teori Arus Balik (Nasional) oleh F.D.K Bosch

Teori arus balik menjelaskan bahwa penyebaran Hindu Budha di Indonesia terjadi karena peran aktif masyarakat Indonesia di masa silam.

Mereka berangkat dan menimba ilmu di India dan sekembalinya ke Indonesia, mereka kemudian mengajarkan apa yang diperolehnya pada masyarakat Nusantara lainnya.

5. Teori Sudra oleh van Faber

Teori Sudra menjelaskan bahwa penyebaran agama dan kebudayaan Hindu Budha di Indonesia diawali oleh para kaum sudra atau budak yang bermigrasi ke wilayah Nusantara.

  1. Perbedaan hasil hasil kebudayaan Hindhu-Budha di Indonesia !
  2. Menganalisa perkembangan ekonomi dari sector perdagangan kerajaan Sriwijaya !

  • Kerajaan Sriwijaya mempunyai letak yang sangat strategis, yaitu di tengah-tengah jalur pelayaran perdagangan antara India dan Cina Sehingga aktivitas perekonomian masyarakatnya tergantung pada pelayaran dan perdagangan.
  • Selat Malaka yang merupakan urat nadi perhubungan bagi daerah-daerah di Asia Tenggara
  • penghasilan Kerajaan Sriwijaya terutama diperoleh dari komoditas ekspor dan bea cukai bagi kapal kapal yang singgah di pelabuhan-pelabuhan milik Sriwijaya. Komoditas ekspor Sriwijaya antara lain kapur barus, cendana, gading gajah, buah-buahan, kapas, cula badak, dan wangi-wangian.

  1. Menganalisa bentuk susunan hiasan Candi Borobudur !

Kaki candi merupakan bagian bawah candi.Pada konsep Buddha disebut kamadhatu. Yaitu menggambarkan dunia hewan, alam makhluk halus seperti iblis, raksasa dan asura,Bentuknya berupa bujur sangkar yang dilengkapi dengan jenjang pada salah satu sisinya.Tangga masuk candi biasanya pada kiri-kanan tangga masuk dihiasi ukiran makara. Pada dinding kaki candi biasanya dihiasi relief flora dan fauna berupa sulur-sulur tumbuhan, atau pada candi tertentu dihiasi figur penjaga seperti dwarapala

Tubuh candi adalah bagian tengah candi pada konsep Buddha disebut rupadhatu biasanya dihiasi ukiran kepala kala tepat di atas-tengah pintu dan diapit pola makara di kiri dan kanan pintu. Tubuh candi terdiri dari garbagriha, yaitu sebuah bilik (kamar) yang ditengahnya berisi arca utama, di bagian luar dinding di ketiga penjuru lainnya biasanya diberi relung-relung yang berukir relief atau diisi arca.

Atap candi adalah bagian atas candi pada konsep Buddha disebut arupadhatu. Yaitu menggambarkan ranah surgawi tempat para dewa dan jiwa yang telah mencapai kesempurnaan bersemayam. kebanyakan dinding bagian atap dibiarkan polos, akan tetapi pada candi-candi besar, atap candi ada yang dihiasi berbagai ukiran, seperti relung berisi kepala dewa-dewa, relief dewa atau bodhisatwa, pola hias berbentuk permata atau kala, atau sulur-sulur untaian roncean bunga.

  1. Proses masuk dan berkembangnya islam di Indonesia
  2. Mengevaluasi budaya suronan di jawa !

Tradisi malam satu Suro bermula saat zaman Sultan Agung sekitar tahun 1613-1645. Saat itu, masyarakat banyak mengikuti sistem penanggalan tahun Saka yang diwarisi dari tradisi Hindu. Sebagai dampak perpaduan tradisi Jawa dan Islam, dipilihlah tanggal 1 Muharam yang kemudian ditetapkan sebagai tahun baru Jawa. Hingga saat ini, setiap tahunnya tradisi malam satu Suro selalu diadakan oleh masyarakat Jawa, menitikberatkan pada ketentraman batin dan keselamatan. Karenanya, pada malam satu Suro biasanya selalu diselingi dengan ritual pembacaan doa dari semua umat yang hadir merayakannya

  1. Bukti masuknya islam di Samudra Pasai

Bukti berdirinya Kerajaan Samudera Pasai pada abad ke-13 itu didukung oleh adanya nisan kubur Sultan Malik Al-Saleh terbuat dari granit asal Samudera Pasai. Dari nisan itu, dapat diketahui bahwa raja pertama kerajaan itu meninggal pada bulan Ramadhan tahun 696 H, yang diperkirakan bertepatan dengan tahun 1297 M. didapatkan di Gampong Samudera bekas kerajaan Samudera Pasai tersebut.

Pendapat bahwa Islam sudah berkembang di sana sejak awal abad ke-13M, didukung oleh berita Cina dan pendapat Ibn Batutah, seorang pengembara terkenal dari Maroko, yang pada pertengahan abad ke-14 M mengunjungi Samudera Pasai dalam perjalanannya dari Delhi ke Cina.

  1. Hasil kebudayaan seni sastra islam di Indonesia

1. Hikayat

Hikayat amerupakan karya sastra yang berisi cerita atau dongeng yang sering dikaitkan dengan tokoh-tokoh sejarah.

Contoh Hikayat Raja-raja Pasai, Hikayat Si Miskin, Hikayat Amir Hamzah

2. Syair

Syair adalah jenis puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang berakhir dengan bunyi yang sama. Syair digunakan untuk melukiskan hal-hal yang panjang misalnya tentang suatu cerita, nasihat, agama, cinta, dan lain-lain.

Contoh : Syair Siak Sri Indrapura, Syair Ikan Terubuk, Syair Perahu




3. Suluk

Suluk merupakan karya sastra yang berisi tentang tasawuf mengenai keesaan dan keberadaan Allah SWT. Suluk dan tembang gubahan Sunan Bonang ditulis pada daun lontar.

Contoh : Suluk Sukarsa, Suluk Syarab al Asyiqin, Suluk Malang Sumirang.

4. Babad

Babad merupakan bentuk cerita sejarah yang didalamnya banyak bercampur dengan mitos dan kepercayaan masyarakat yang kadang tidak masuk akal.

Contoh: babad tanah jawa, babad cirebon, babad sejarah melayu

5. Kitab-kitab

Ada pula beberapa kitab peninggalan sejarah Islam. Karya sastra dalam bentuk kitab peninggalam kerajaan Islam antara lain : Kitab Manik Maya, kitab nitisastra, kitab nitisruti.

  1. Kebijakan Deandles di Indonesia dalam bidang hukum dan pemerintahan !

A. Bidang Birokrasi Pemerintahan

- Pusat pemerintahan dipindahkan kepedalaman

- Dewan Hindia Belanda sebagai dewan legeslatif diganti dengan Dewan Penasehat.

- Membentuk sekretariat negara (AlgemeneSecretarie).

- Pulau jawa dibagi pulau jawa di bagi menjadi 9 Prefektuur dan 31 kabupaten

- Para bupati di jadikan pemerintah Belanda dan di beri pangakat sesuai dengan ketentuan kepegawaian pemerintah Belanda.

- Membatasi kekuasaan raja kerajaan Banten dan Cirebon menjadi wilayah colonial Belanda

B. Bidang hukum dan peradilan.

- Dalam bidang hukum Daendels membentuk 3. jenis pengadilan yaitu sebagai berikut: (a).Pengadilan untuk orang Eropa (b).Pengadilan untuk orang pribumi. dan (c).Pengadilan untuk orang timur asing. Pengadilan untuk orang pribumi ada di setiap prefectur dengan prefect sebagai ketua dan para bupati sebagai anggota

- Pemberantasan korupsi tanpa pandang bulu termasuk pada bangsa Eropa.Akan tetapi ia sendiri melakukan korupsi besar-besaran dalamkasus penjualan tanah kepada fihak swasta.

  1. Mendiskripsikan strategi propaganda Jepang dalam menarik masyarakat Indonesia !

1. Jepang berjanji akan menciptakan kemakmuran Asia Timur Raya

2. Jepang mengaku kepada rakyat indonesia sebagai saudara tua bangsa Indonesia

3. Jepang melakukan propaganda yang dilakukan oleh organisasi 3 A yang dipimpin oleh

Mr Syamsyudin. 3A sendiri terdiri dari, yaitu:

a. Jepang cahaya Asia,

b. Jepang pelindung Asia

c. Jepang pemimpin Asia.

4. Jepang mengatakan bahwa Romusha sebagai pahlawan bekerja, agar rakyat Indonesia

semakin giat dalam bekerja.

5. Rakyat Jawa telah meyakini ramalan Jayabaya yang menggambarkan bahwa akan datang jaman yang lebih baik untuk menggantikan jaman yang buruk

6. Adanya slogan yaitu mengarahkan rakyat Indonesia menuju ke arah kemakmuran

  1. Menentukan Organisasi keagamaan pada masa pergerakan nasional

  • Muhammadiyah

Didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan yang bergerak pada bidang agama,pendidikan, dan sosial budaya yang bertujuan untuk menjungjung tinggi agama islam sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenarnya.

  • Nahdlatul Ulama ( NU )

Didirikan oleh K.H. Hasyim Asy’ari di Surabaya, organisasi bersifat non politik dan bergerak pada bidang agama, pendidikan, sosial dan budaya.

  • Persatuan Muslim Indonesia

Organisasi hasil peleburan dari Sumatra-Thawalib yaitu organisasi islam yang bercorak nasionalisme radikal. Diketuai oleh Mukhtar Luthfi.



  1. Strategi perlawanan rakyat Aceh dalam menghadapi penjajah Belanda !

- Mau berkompromi dengan Belanda agar kedudukannya dalam pemerintahan dan masyarakat tidak hilang.

- Juga siasat untuk mendapatkan persenjataan dari Belanda untuk gerilya berjalan lancar (menandatangani perjanjian pendek).

  1. Isi dari Perjanjian Saragosa

1. Bumi dibagi atas dua pengaruh, yaitu pengaruh bangsa Spanyol dan Portugis.

2. Wilayah kekuasaan Spanyol membentang dari Mexico ke arah barat sampai kepulauan Filipina dan wilayah kekuasaan Portugis membentang dari Brazillia ke arah timur sampai kepulauan Maluku.daerah disebelah utara garis saragosa adalah penguasaan portugis.

  1. Ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah 1908

Ciri-ciri perjuangan kemerdekaan sesudah tahun 1908

  • perjuangan bersifat nasional
  • pimpinan perjuangan ditentukan berdasarkan kemauan, kemampuan, kecerdasan dan keterampilan (rasional), tidak lagi berdasarkan kharisma.
  • perjuangan berkesinambungan, walaupun pimpinan perjuangan tertangkap atau meninggal, pimpinan perjuangan dapat diganti setiap saat.
  • perjuangan diatur dan dikendalikan oleh organisasi modern sebagai wadah dan alat perjuangan.
  • cita-cita perjuangan sangat jelas, yaitu terwujudnya bangsa dan negara Indonesia merdeka dan berdaulat.
  • perjuangan untuk kepentingan bangsa Indonesia, tidak untuk kepentingan pribadi/golongan.

Ciri-ciri perjuangan kemerdekaan sebelum tahun 1908

  • Kurang adanya persatuan
  • Faktor persenjataan
  • Senjata yang dimiliki para pejuang Indonesia masih sangat sederhana
  • Politik Devide et Impera
  • Siasat Belanda mengadu domba antar sesama bangsa Indonesia berhasil
  • Pemimpinnya adalah bangsawan yang sangat bergantung pemimpin



  1. Menjelaskan kongres pemuda 2 pada tanggal 28-10-1928

Ketua: Sugondo Joyopuspito

Wakil ketua: Joko Marsaid (alias Tirtodiningrat)

Sekretaris: Muhammad Yamin

Bendahara: Amir syarifuddin



Kongres tersebut berhasil mengambil keputusan yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda, yang isinya sebagai Berikut:

Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia Mengaku Bertumpah darah yang satu, tanah indonesia

Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia Mengaku berbangsa satu, bangsa indonesia Ketiga: Kami Putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesi



  1. Mengevaluasi kedatangan bangsa barat ke Indonesia !

Tujuan mereka terkait dengan :

  • Gold : memburu kekayaan dan keuntungan dengan mencari dan mengumpulkan emas, perak dan bahan tambang serta bahan-bahan lain yang sangat berharga. Waktu itu yang dituju terutama Guinea dan rempah-rempah dari Timur.
  • Glory : memburu kejayaan, superioritas, dan kekuasaan. Dalam kaitan ini mereka saling bersaing dan ingin berkuasa di dunia baru yang ditemukannya.
  • Gospel : menjalankan tugas suci untuk menyebarkan agama. Pada mulanya orang-orang Eropa ingin mencari dan bertemu Prester John yang mereka yakini sebagai Raja Kristen yang berkuasa di Timur.



  1. Menyimpulkan tokoh tokoh yang terlibat dalam perumusan naskah proklamasi !

1. Chaerul Saleh: Pimpinan rapat pemuda di Pegangsaan Timur.

2. Darwis dan Wikana: Merupakan utusan untuk menyampaikan keputusan rapat pemuda kepada Soekarno-Hatta.

3.Singgih, Sukarni, dan Yusuf Kunto: Membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok.

4.Shudancho Subeno: Komandan kompi tentara Peta di Rengasdengklok.

5. Ahmad Subardjo: Tokoh golongan tua yang menjemput Soekarno-Hatta untuk kembali ke Jakarta. Sebagai juru bahasa juga.

6. Laksamana Maeda: Angkatan laut Jepang yang bersimpati terhadap perjuangan bangsa Indonesia. Ia menyediakan tempat perumusan teks proklamasi.

7. Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Subardjo: Perumusan naskah proklamasi.

8. Sukarni, Sayuti Melik, B.M. Diah, dan Sudiro: Tokoh pemuda yang menyaksikan perumusan teks proklamasi.

9. Sayoeti Melik: Pengetik naskah proklamasi.

10. Sukarni: Pengusul yang menandatangani teks Proklamasi Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia.

  1. Menjelaskan peristiwa proklamasi sehubungan dengan penjajah


Kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik semakin jelas dengan dijatuhkannya bom atom oleh Sekutu di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945. Akibat peristiwa tersebut, kekuatan Jepang makin lemah. Kepastian berita kekalahan Jepang terjawab ketika tanggal 15 Agustus 1945 dini hari, Sekutu mengumumkan bahwa Jepang sudah menyerah tanpa syarat dan perang telah berakhir.
  1. Menyimpulkan usulan KNIP tentang pembentukan partai pada awal kemerdekaan
Mengajukan usul terhadap pemerintah supaya rakyat diberbagi peluang seluas-luasnya untuk mendirikan partai politik. Sebagai tasumsi atas usul tersebut, maka pada tanggal 3 November 1945 pemerintah mengeluarkan maklumat pemerintah yang pada intinya berisi memberbagi peluang terhadap rakyat untuk mendirikan partai politik.

  1. Menunjukan tugas PPKI pada awal kemerdekaan

  • Mengesahkan Undang Undang Dasar
  • Memilih dan Mengangkat Ir.Soekarno sebagai Presiden dan Drz.M.Hatta sebagai wakil Presiden
  • Membentuk Komite Nasional untuk membantu tugas Presiden sebelum DPR dan MPR terbentuk

  1. Peran PDRI dalam upaya mempertahankan kemerdekaan !

PDRI berperan sebagai kunci dalam mata rantai komunikasi dari daerah yang satu ke daerah yang lain. Radiogram mengenai masih berdirinya PDRI dikirimkan kepada Ketua Konferensi Asia, Pandit Jawaharlal Nehru oleh Radio Rimba Raya yang berada di Aceh Tengah pada tanggal 23 Januari 1948. PDRI berhasil menjalin hubungan dan berbagi tugas dengan perwakilan RI di India. Dari India informasi informasi keberadaan dan perjuangan bangsa dan negara RI disebarluaskan ke berbagai penjuru.




  1. Menyimpulkan sebab khusus pertempuran Surabaya 10 November

Insiden Hotel Yamato Surabaya dimana orang orang Belanda mengibarkan bendera Belanda di atas Hotel Yamato hal ini membuat kemarahan di hati masyarakat Surabaya, karena itu dianggap menghona kedaulatan Bangsa Indonesia.

  1. Menganalisa dampak negatif KMB bagi bangsa Indonesia

  • Tertundanya penyelesaian masalah Irian Barat
  • Hutang Belanda pada 1942 sampai disepakatinya RIS akan ditanggung RIS
  • Indonesia menjadi negara bagian RIS di mana menjadi bawahan dari pemerntahan Belanda
  • Bentuk negara RIS tidak sesuai dengan cita cita demokrasi

  1. Peran tokoh tokoh persatuan daerah dalam mempertahankan kemerdekaan

  • Frans Kaisepo : mempopulerkan lagu Indonesia Raya di Papua.
  • Silas Papare : mewakili irian barat sebagai delegasi RI dalam perundingan New York antara Indonesia Belanda dalam upaya penyelesaian masalah Papua.
  • Marthen Indey : Memimpin aksi protes terhadap Belanda, dan menyusun gerakan gerilya.
  • Pangeran Diponegoro : memimpin perang Diponegoro untuk menuntut pembebasan pajak.
  • Bung Tomo : membangkitkan semangat rakyat untuk melawan Belanda
  • Moh. Hatta & Soekarno : memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

  1. Menunjukan kebijakan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin.

  • Program Benteng : mencadangkan impor barang barang tertentu bagi kelompok bisnis pribumi dan pemberian lisensi impor
  • Sistem Ekonomi Ali Baba : menggunakan lisensi dari pribumi namun yang menjalankan adalah orang Cina.
  • Gunting Syafrudin : Memotong uang dengan memberlakukan nilai setengahnya untuk mata uang yang mempunyai nominal Rp2,50 keatas.

  1. Kegagalan Deklarasi Ekonomi pada Demokrasi terpimpin

  1. Keadaan keuangan Negara yang buruk
  2. Devaluasi nilai mata uang rupiah
  3. Peraturan yang bertentengan dengan prinsip deklarasi ekonomi
  4. Pemerintah menonjolkan system terpimpinnya daripada asas asas ekonomi
  5. Struktur ekonomi mengarah pada etatisme ( segala galanya dipegang oleh Negara )
  6. Pengeluaran bertambah besar
  7. Bank pemerintah menjadi unit Bank Negara Indonesia










  1. Teori tentang pemberontakan G30S/PKI

  1. G30S merupakan Persoalan Intern AD

Dikemukakan oleh Ben Anderson, W.F Wertheim, dan Coen Hotsapel, akibat adanya persoalan intern, Letnan Kol. Untung yang menyatakan bahwa para pemimpin AD hidup bermewh-mewahan sehingga mencemarkan nama biak AD.

  1. Dalang G30S adalah dinas Intelejen Amerika Serikat ( CIA)

Berasal dari tulisan Peter Dale Scott, menurutnya CIA bekerjasama dengan suatu kelompok dalam tubuh AD untuk memprovokasi PKI agar melakukan gerakn kudeta.




  1. G30S/PKI merupakan pertemuan antara kepentingan Inggris-AS

Keingingan Ingris yang ingin sikap konfrontatif Soekarno terhadap Malaysia bisa diakhiri melalui penggulingan kekuasaan Soekarno, dengan keinginan AS agar Indonesia terbebas dari komunisme.

  1. Soekarno adalah dalang G30S

Dikemukakan oleh Anthony Dake dan John Hughes ini beranjak dari asumsi bahwa Soekarno berkeinginan melenyapkan kekuatan oposisi terhadap dirinya, yang berasal dari sebagaian perwira AD.

  1. Tidak ada pemeran tunggal dan scenario besar dalam G30S ( Teori Chaos )

Dikemukakan oleh John D. Legge, kejadian ini merupakan perpaduan hasil dari unsur unsur Nekolim, Pimpinan PKI serta Oknum oknum ABRI yang tidak benar.

  1. Dalang G30S adalah PKI

Tokoh-tokoh PKI berhasil memperalat unsur unsur tentara untuk melakukan pemberontakan.

  1. Mengevaluasi penyelesaian pemberontakan APRA

perdana menteri Moh. Hatta memerintahkan untuk melakukan penangkapan terhadap Westerling, ketika APRA hendak membunuh Sultan Hamengkubuwono IX dan Kol. T.B. Simatupang, namun semua itu dapat digagalkan oleh pemerintah.

  1. Menjelaskan inovasi pertanian pada masa orde Baru

  • melibatkan para petani melalui koperasi yang bertujuan memperbaiki produksi pangan nasional.
  • juga mengembangkan institusi-institusi yang mendukung pertanian
  • membangun pabrik-pabrik pupuk untuk penyediaan pupuk bagi petani
  • Pemasaran hasil panen mereka dijamin dengan kebijakan harga dasar dan pengadaan pangan.
  • Diperkenalkan juga manajemen usaha tani, dimulai dari Panca Usaha Tani, Bimas, Operasi Khusus, dan Intensifikasi Khusus yang terbukti mampu meningkatkan produksi pangan, terutama beras


  1. Kebijakan masa orde baru dalam pengendalian penduduk dan kesejahteraan

Pengendalian penduduk dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas rakyat Indonesia dan peningkatan kesejahteraannya. Keberhasilan ini dicapai melalui program KB yang dilaksanakan oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

  1. Mendeskripsikan mas orde baru dalam ilmu kedirgantaraan

Upaya untuk mengembangkan dan menguasai teknologi dirgantara adalah upaya utnuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), oleh karna itu telah dikirm mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk belajar di luar negeri yang bertugas mendalami teknologi dirgantara sejak tahun 1951. Salah satu mahasiswa yang dikirim ke luar negeri adalah B.J. Habibie.

  1. Dampak dwi fungsi ABRI pada msa orde baru

Dampak positif Dwi Fungsi ABRI

1. Kesejahteraan prajurit ABRI meningkat

2. Para prajurit ABRI ikut berkontribusi dalam pembangunan

Dampak negatif Dwi Fungsi ABRI:

1. Terjadi dominasi oleh ABRI terhadap masyarakat sipil

2. ABRI menjadi alat politik praktis

  1. Transisi perubahan Orde baru ke reformasi

Karena pada masa orde baru banyaknya KKN dan krisis moneter serta tidak adanya unsur demokrasi didalamnya hingga pada pengangkatan B.J. Habiebie system pemerintahan dan politiknyapun berubah.

  1. Membandingkan demokrasi pada Orde Baru dengan era Reformasi

Orde Baru : Pelaksanaan demokrasi masa Orde Baru ditandai perbedaan, yaitu dilaksanakan pemilihan umum dengan asas langsung, umum, bebas, dan rahasia lebih dari lima kali untuk memilih anggota DPRD tingkat I, DPRD tingkat II, dan DPRD. Pemilihan tersebut kemudian membentuk MPR yang bertugas menetapkan GBHN dan memilih Presiden dan Wakil Presiden. Soeharto menjabat 32 tahun karena pada massa itu belum dikenal adanya pembatasan kekuasaan presiden tentang periode jabatan.

Reformasi : Pelaksanaan demokrasi pada masa reformasi pada dasarnya adalah demokrasi dengan mendasarkan pada UUD 1945 yang telah diamandemen oleh MPR. Dengan penyempurnaan pelaksanaannya, meningkatkan peran lembaga-lembaga negara dengan menegakkan fungsi, wewenang dan tanggung jawab yang mengacu pada prinsip pemisahan kekuasaan, (check and balance system ) yang jelas antar lembaga-lembaga eksekutif, legislative, dan yudikatif dan yang lebih jelas tidak ada kekuasaan berlebih pada salah satu lembaga, seperti berikut :

1. Presiden dan wakil Presiden dipilih dengan masa jabatan 5 tahun dan dapat dipilih kembali satu kali jabatan yang sama.

2. DPA dihapuskan

3. Anggota MPR terdiri dari anggota DPR dan DPD dipilih melalui pemilu.

  1. Peran Pasukan Garuda dalam dunia Internasional

Peran yang cukup menonjol yang dimainkan oleh Indonesia adalah dalam rangka membantu mewujudkan pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional :

  1. Pengiriman ke Terusan Suez karena adanya konflik nasionalisasi
  2. Pengiriman pasukan ke Kongo
  3. Pengiriman ke Vietnam sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian PBB.
  4. Pengiriman ke daerah perang Arab-Israel sebagai pasukan pengamanan dalam perundingan.
  5. Didirikannya IPSC pada tahun 2012 untuk menjaga perdamaian dunia.

  1. Menyimpulkan peran Indonesia dalam ASEAN

1. Sebagai salah satu pendiri ASEAN

2. Sebagai Salah Satu Pemimpin ASEAN

3. Sebagai Tuan Rumah KTT Asean

4. Mampu menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara

  1. Menganalisa makna lambang ASEAN

  • Warna biru melambangkan keamanan dan kestabilan.
  • Warna merah bermaksud semangat dan dinamisme.
  • Warna putih menunjukkan ketulenan.
  • Warna kuning melambangkan kemakmuran.
  • Sepuluh tangkai padi melambangkan impian bapak penemu ASEAN yang ke sepuluh Negara Asia Tenggara bersatu dan bersahabat.











Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel