10 Pengusaha Sukses Dunia Di Bidang IT (Digital)

July 11, 2018
10 Pengusaha Sukses Dunia Di Bidang IT (Digital) dan Internet. Sekarang ini kita sudah berganti dari era industri menjadi era informasi, dimana berbagai teknologi informasi sudah berkembang sangat cepat dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kita. Era informasi juga mempengaruhi dalam bidang usaha, hal ini terlihat dari banyaknya perusahaan IT yang bernilai milyaran dollar. Dan di perusahaan tersebut ada seorang founder atau pengusaha yang menjadi tangan dingin yang menjadikan perusahaan IT tersebut menjadi besar, Sebut saja perusahaan IT yang bernilai milliaran dollar seperti Google, Facebook dan Amazon. Dan di artikel ini kami akan memberikan review dan profil mengenai 10 pengusaha sukses dunia di bidang IT dam Internet.

1. Jeff Bezos

Jeff Bezos Pengusaha IT
Jeff Bezos Via: commons.wikimedia.org

 

Lahir dengan nama Jeffrey Preston Bezos dikenal dengan nama jeff bezos lahir pada tanggal 12 januari 1964 adalah seorang investor dan pebisnis IT dengan menjadi CEO sekaligus pendiri raksasa E-comerce dunia Amazon.

Sejak kecil bakatnya sudah terlihat di bidang mekanik ia memiliki ketertarikan pada bidang teknologi hal ini terlihat ketika mengotak-atik alarm listrik di kamarnya agar adiknya tidak masuk sembarangan ke ruang tidurnya. Setelah lulus kuliah ia menjadi ahli komputer di Wall Street. Pada tahun 1994 Jeff membuat situs amazon.com dan kantor awal amazon berada di garasi rumahnya.  Pada tahun 2009 kekayaan bersihnya mencapai $ 10 billion dan terus bertambah sampai sekrang, amazon sekarang juga mengakuisi situs alexa, sebuah situs peranking website dunia. Dan di tahun ini 2018, Jeff menjadi orang tekaya di dunia setelah menggeser posisi Warren Buffet.

2.   Bill Gates

Bill Gates Pengusaha Digital
Bill Gates Via commons.wikimedia.org

 

Siapa yang tak kenal dengan orang yang satu ini. Bill Gates pernah mendapatkan nominasi sebagai orang terkaya di dunia dari tahun 1995-2009. Bill lahir dengan nama William Henry Bill Gates III lahir pada tanggal 28 oktober 1995 di Amerika Serikat. Merupakan seorang tokoh penulis, investor, pengusaha IT terkemuka dunia.  Bill Gates merupakan pendiri Microsoft dan mantan CEO Microsoft dan sekarang menjabat sebagai ketua microsoft.

Microsoft adalah perusahaan IT Software yang bergerak pada bidang website (BING), Microsoft Windows (Sistem Operasi), dan Aplikasi perkantoran Micrososft Office. Microsoft windows adalah salah satu sistem operasi komputer yang paling banyak di gunakan di dunia.

Selain seorang pengusaha IT yang sukses dia juga suka berderma pada berbagai organisasi kemanusiaan, organisasi amal, dan badan penelitian. Bill Gates sendiri mengundurkan diri dari jabatan tertinggi di microsoft pada tahun 2000 dan melakukan kerja paruh waktu di microsoft meskipun ia tetap masih menjadi ketua arsitek perangkat lunak. Ia lebih berfokus diri pada Bill dan Melinda Gates sebuah organisasi amal yang ia dirikan bersama instrinya.

3. Larry Page 

Larry Page
Larry Page Via: commons.wikimedia.org

 

Siapa sih yang tidak tahu dengan mesin pencarian Google. Google menjadi mesin pencarian paling banyak digunakan di dunia.  Pendiri sekaligus CEO Google adalah Larry Page. Larry Page lahir tanggal 26 maret 1973 di Michigan.  Awal pendirian google saat ia mengambil pendidikan P.h.D di universitas Stanford ia bertemu dengan Sergey Brin, awalnya mereka tidak cocok karena mereka memiliki topik pembahasan yang tidak sama, namun akhirnya memreka memiliki ide yang sama yaitu mengenai mesin pencarian. Google didirikan dan mulai beroperasi sejak tahun 1998. Pada tahun 2005  forbes mencatat kekayaan yang dimiliki oleh Larry Page senilai $12.8 milyar dan menjadikannya orang terkaya no 27 di dunia, dan kekayaan dari Larry Page terus bertambah dengan semakin banyaknya pengguna google.a


4. Jack Ma

Jack Ma Pebisnis IT
Jack Ma Via: commons.wikimedia.org

 

Jack Ma adalah pendiri E-Comerce terbesar di China. Lahir pada tanggal 10 september 1964. Jack Ma adalah orang pertama China yang masuk dalam daftar Forbes. Dan pada tahun 2015 ia terdaftar sebagai orang paling berpengaruh di dunia menempati posisi nomor 22.  Tak ada yang menyangka walaupun Jack adalah seorang Billionaire ia terlahir dari keluarga ekonomi yang lemah.  Ayahnya seorang pemusik dan pendongeng tradisional di China dan hanya mendapatkan tunjangan pensiun Rp, 500.000 perbulan untuk menghidupi keluarganya.

Sejak umur 12 tahun Jack sudah tertarik dengan Bahasa Inggris. Minatnya dengan bahasa Inggris menjadikan dia berkuliah di Universitas kegururan Hangzou China . Setelah lulus menempuh jenjang kuliahnya Jack menjadi seorang guru di sebuah SMA, dan pada saat itu gajinya perbulan hanya Rp. 114.000-142.000. Awal ia tertarik dengan dunia komputer yaitu saat ia menelusuri kata beer di Yahoo, namun ketika menelususri kata China ia tidak mendapatkan hasil penelusuran. Lalu ia mencoba memincam uang 2000 Dollar untuk mendirikan perusahaan komputer padahal saat itu ia tidak tahu mengenai dunia komputer.

Setelah mulai mengenal internet dia mulai memutuskan untuk mendirikan Alibaba untuk memberikan fasilitas para pedagang China untuk menjual dagannya ke luar negeri.  Dan saat ini saat kita mengenal Ali Baba, perusahaan ini sudah bernilai lebih dari $ 200 milyar dan kekayaan bersih Jack Ma pada tahun 2013 mencapai angka $12,1 Milyar.


5. Sergey Brin

 
Sergey Brin Pengusaha IT Dunia
Sergey Brin Via: commons.wikimedia.org

Sergey Brin lahir du Moskow rusia pada tanggal 21 Agustus 1973 merupakan pebisnis sukses di bidang IT yang menjadi Founder Google.com. Brin menjabat sebagai presiden teknologi di Perusahaan Google dan mempunyai kekayaan bersih 18.7 milya dollar Amerika.

Brin mulai tertarik dengan dunia internet khususnya Search Enggine setelah ia diterima di Universitas Stanford, ia banyak menulis tentang data-minning, ia juga menulis sebuah program untuk mengubah tex menjadi berfromat HTML. Ia dapat mewujudkan mimpinya untuk membuat Search enggine yaitu ketika ia bertemu dengan Larry Page di Stanford. Selain seorang Pengusaha yang sukses di bidang internet ia juga menulis buku.


6. Mark Zuckenberg

Mark Zuckenberg Pengusaha Internet Dunia
Mark Zuckenberg Via : commons.wikimedia.org

 

Lahir dengan nama lengkap Mark Elliot Zuckenberg adalah seorang founder dan pengusaha sukses IT dunia. Ia dikenal dunia karena menjadi salah satu orang terkaya di dunia pada usia yang masih muda dengan pendirian situs jejaring sosial Facebook. Ia mendirikan Facebook ketika ia masih duduk di bangku kuliah di Harvard pada tahun 2004.

Sebagai seorang programer ia memiliki kelemahan buta warna ia tidak bisa mengenali warna merah dan hijau. Hal ini yang kemudian menjadikan Facebook dominan dengan warna Biru dan Putih. Pada awalnya facebook didirkan hanya untuk komunitas jejaring di kampusnya namun karena banyak sekali yang begabung, yang menjadikan facebook besar sampai sekarang ini.

Lalu ia berinisiatif untuk membesearkan facebook dan pindah ke Palo Alto dan karena asyik mengembangkan facebook ia lupa dengan kuliahnya dengan sikap yang berani ia  dan teman-temannya lebih memilih facebook dan drop out dari Harvard. Dalam pendirian facebook banyak rintangan yang ia hadapi mulai dari gugatan hukum karena ia dituduh menjiplak faecbook kasus ini dapat diselesaikan dengan  biaya penalti 1.2 juta USD.  Sekarang ini facebook sudah menjadi salah satu perusahaan IT terbesar di dunia, yang telah mengakuisi WhatsApp dan Instagram.

7. Steve Jobs

Steve Jobs Pengusaha DIgital
Steve Jobs Via: commons.wikimedia.org

 

Lahir dengan nama lengkap Steven Paul Jobs adalah seorang tokoh bisnis, penemu serta pengusaha IT sukses dunia. Lahir pada tanggal 24 Februari 1955 dan Meninggal di Palo Alto tahun 2011. Steve adalah pendiri dan manta CEO dari Apple.inc perusahan IT komputer raksasa dunia. Selain itu ia juga ikut mendirikan Pixar Animation Studios dan menjabat sebagai CEO, ia juga pernah menjadi dewan direktur The Walt Disney Company.
Tahun 1970 ia mendirikan Apple bersama dengan rekan-rekannya.  Dan pada tahun 1980  ia memasarkan produk Komputer Personal yang laris di pasaran yaitu Apple II. Ia juga slah satu orang pertama yang minat denga teknologi antar muka Mouse. Dan di usia 56 tahun ia meninggal dunia dikenal sebagi pembisnis, investor dan visioner dengan kekayaan bersih 8.3 Milyar Dollar Amerika.

8. Andy Rubin

Andy Rubin
Andy Rubin Via: commons.wikimedia.org

 

Andy adalah penemu dan pembuat sistem operasi robot hijau (Android). Dia juga sekaligus pendiri Android.inc dan CEO Danger.inc. Andy Rubin juga pernah menjabat sebgai presiden senior smartphone di Google. Ia di besarkan di New York ia tertarik dengan dunia teknologi semenjak muda yaitu ketika ia mengoperasikan sistem papan buletin komputer.

9. Jan Koum

Jan Koum
Jan Koum Via: commons.wikimedia.org

 

Jan Koum merupakan pendiri dan CEO dari WhatsApp.inc. WhatsApp adala aplikasi chatting paling banyak digunaka saat ini. Yang menapai pengguna aktif lebih dari 1 Milyar. Pada tahun 2014 WhatsApp dibeli oleh Facebook.inc senilai 19 milyar dollar amerika.

Sekarang ini Jan juga masih menjadi CEO WhatsApp sekaligus Direktur Pelaksana di Facebook.inc . Dia juga masih memiliki saham Whatsapp senial lebih dari 7 Milyar Dollar. Jan Koum dilahirkan pada tanggal 24 Februari 1976 di Negara Ukraina. Kekayaan bersih Jan sekarang mencapai 6.8  Milyar Dollar.

10. Lei Jun

Lei Jun Pengusaha IT
Lei Jun Via: blogspot.com

 

Lei Jun lahir pada tanggal 16 desember 1969 di Xiantao China. Ia adalah mantan CEO dari Kingsoft, Kingsoft adalah sebuah Perusahaan IT yang membuat aplikasi office. Aplikasi office tersebut dikenal dengan WPS Office yang merupakan aplikasi perkantoran no-2 paling banyak digunakan di dunia, selain itu ia juga pernah ikut dalam pembuatan Aplikasi UC Browser. Sekarang ini ia lebih di kenal dengan  pendiri smartphone murah dengan sistem penjualan kreatif Xiaomi. Sekarang ini Lei Jun  menjabat sebagai CEO dari perusahaan pembuat Laptop dan Smartphone Xiaomi.


Baca Juga:
11 Pengusaha Suskses Indonesia Dalam Bisnisnya
5 Sistem Penjualan dan Pemasaran Dunia
Daftar Penemuan Penting Dunia Era Industri dan Era digital

Sekian dan terimakasih, di atas merupakan ulasan mengenai pengusaha sukses dunia di bidang IT dan Internet. Mereka berhasil menjadi Billionaire dengan usaha Digitalnya. Apakah selanjutnya anda yang akan menjadi urutan berikutnya?.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda