11 Pengusaha Suskses Indonesia Dalam Bisnisnya

July 10, 2018
11 Pengusaha Suskses Indonesia Dalam Bisnisnya. Pengusaha atau wirausaha adalah seorang yang membangun usaha. Dalam era informasi saat ini banyak bermunculan pengusaha-pengusaha. Hal ini terjadi karena kemudahan tenologi dan informasi. Selain itu banyak orang yang berpedapat bahwa lebih baik membangun usahanya sendiri daripada menjadi karyawan seumur hidupnya. Hal ini dikarenakan menjadi seorang wirausaha memiliki peluang kebebasan finansial yang lebih besar dan lebih baik di masa mendatang. Walaupun pada awanya pastinya ketika membangun sebuah kerajaan usaha pastinya penuh dengan banyak rintangan, bahkan palah lebih berat daripada menjadi seorang karyawan karena ketika awal usaha banyak wirausahawan sukses yang bahkan bekerja selama seminggu full time. Namun bila tetap semangat dan bersungguh-sungguh tidak menyerah niscaya kesuksesan akan datang. Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai profil pengusaha yang berhasil membangun usahanya sendiri.

 

 1. Ahmad Zacky

Ahmad Zacky Via: commons.wikimedia.org

 

 Siapa sih orang Indonesia yang gak kenal dengan E-comerce Bukalapak. Bukalapak merupakan salah satu marketplace online di Indonesia yang paing banyak digunakan saat ini. Achmad Zaky lahir di Sragen, JawaTengah, 24 Agustus 1986, adalah seorang pengusaha sukses Indonesia yang bergerak di bidang digital. Dia adalah seorang CEO dan Founder dari Bukalapak.com. Lulusan Institut Teknologi Bandung ini membuat sebuah E-comerce yang berfokus pada biddang UKM (Usaha Keci Menengah). Ia mengenal teknologi semenjak ia berada di bangku sekolah dasar. Dalam membangun usahanya ia harus merasakan jatuh bangun ia pernah membangun usaha Suit Media, Ayam Goreng dan itu pung bangkrut namun dia tidak menyerah, dia juga pernah membangun usaha warung mie dan akhirnya usahanya pun gulung tikar dan semua uang yang ia peroleh dari lomba pun ludes semuanya. Dari keahliannya dalam bidang IT ia mencoba membuat sebuah usaha yang dapat bermanfaat bagi banyak orang dan ia mulai merintis Bukalapak di tahun 2010. Ia merampungkan Code Base Bukalapak selama 2 bulan dan setelah itu dia mengajk para pedagang mall untuk bergabung dengannya, namun hasilnya ia di tolak dan justru pelanggan pertamanya adalah pembisnis menengah kecil. Dan semenjak itu dia berfokus membuat Bukalapak untuk memecahkan masalah Usaha Menengah Kecil.


2. Andrew Darwis

Andrew Darwis
Andrew Darwis Via: Common.wikimedia.org

 

Merupakan seorang pebisnis sukses di bidang IT yang mendirikan situs diskusi paling besar di Indonesia yaitu Kaskus.  Andrew Darwis lahir pada tanggal  20 Juli 1979 merupakan founder komunitas internet terbesar di Indonesia, Andrew Darwis sekarang menjabat sebagai Founder dan CCO dari PT Darta Media Indonesia Kaskus serta menjadi salah seorang pemiliki Kaskus Network dengan  PT Darta Media Indonesia. Ayahnya adalah seorang ahli elektronika di sebuah perusahaan pipa, karena itu ia tertarik dengan dunia teknologi, ketertarikannya muncul sejak ia kecil, sewaktu keci ia suka untuk mengotak-atik radio dan peralatan milik ayahnya. Awal kulia ia berkuliah di Seatle Amerika Serikat pada awalnya orang tuanya tidak bisa membiayainya, namun kemudian orangtuanya meminjam ua dari Pamannya  senilai 150 juta untuk membiyayai Andrew Darwis. Saat kulaih di sana dia pernah bertemu dengan Bill Gates saat peluncuran Xbox pada November 1999. Saat kuliah sang dosen memintanya untuk membuat tugas akhir website. Kemudian ia memiliki ide untuk membuat sebuah website komunitas hal ini di dasari karena pada waktu kecil ia mengurung diri di kamar dan ia memncoba untuk tidak membuat web pribadi dan membuat situs komunitas. Dan dari situlah awal lahirnya Kaskus. Awal berdirinya kaskus ia hanya bermodal 3$ (30.000) untuk menyewa server. Setelah Kaskus mulai di mininati ia pindah ke Jakarta untuk menggapai mimpinya dapat membuat Situs Komunitas Online terbesar di Indonesia, namun banyak kendala yang ia hadapai mulai dari server yang down, memasarkan produknya di Indonesia karena pada waktu itu Client dan pengguna internet di Indonesia belum bekembang seperti saat ini. Pada tahun 2008 Kaskus launching menjadi perushaan profesional dengan nama PT. Darta Media
Indonesia. Saat ini Kaskus sudah memiliki member 4.366.134 di tahun 2018 dan terus bertambah setiap harinya. Dan melalui FJB Kaskus tercatat terjual barang 80 ribu perhari dan terus bertambah.

3. Merry Riana

Merry Riana
Merry Riana Via: commons.wikimedia.org


Pastinya sudah banyak yang kenal dengan pengusha yang satu ini, pasalnya biografi perjalanan hidupnya sudah di bukukan dan di film kan. Merry Riana lahir pada tanggal 29 Mei 1980 di kota Jakarta adalah pengusaha, direktur, pebisnis, penulis dan motivator asal  Indonesia. setelah lulus sebagai mahasiswi Nanyang Technological University Singapura yang prestasinyamenghasilkan S$ 1.000.000 di umurnya yang baru menginjak 26 tahun, merupakan sebuah prestasi yang luar biasa, hal itu menarik perhatian masayarakat Singapura dan Asia Tenggara. Dia sangat gencar menggunakan media sosial khususnya Twitter dan Instagram dalam bisnisnya. Selain itu ia memiliki penghargaan yang luar bisa dimana dia menjadi Pemenang Indonesian Choice A wards 2016 Creative and Innovative Person of The Year. Dalam film-nya Mimpi Sejuta Dollar ditampilkan bagaimana kerasnya perjuangan hidupnya untuk menggapai mimpinya, dari yang memiminum air kran, memakan ptongan roti dan menjadi pembersih kaca di kincir raksasa Singapura.

4. Bob Sadino

Bob Sadino
Bob SadinoVia: commons.wikimedia.org

 

Bambang Mustari Sadino atau yang lebih dikenal dengan Bob Sadino adalah salah satu pengusaha sukses Indonesia yang memiliki tampilan sederhana dan nyentrik., lahir di Tanjung Karang (sekarang Bandar Lampung), 9 Maret 1933 – meninggal di Jakarta, 19 Januari 2015 pada umur 81. Ia meruoakan Pengusaha sukses di bidang pertanian dan peternakan. Ia adalahpemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Ia pernah menjadi seorang karyawan dan pekerjaan itu sudah mapan saat itu, namun dia memiliki visi dan cita-cita untuk hidup mandiri tanpa menggantungkan pada orang lain khususnya bosnya.  Pekerjaan awal yang digeluti  Bob Sadino saat dia keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang dia punya. Dia sendiri yang menjadi sopir tersebut. Tapi naas, suatu waktu dia mengalami kecelakaan yang membuat mobilnya rusak parah. Karena tidak mempunyai uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi seorang kuli bangunan dengan dengan gaji hari hanya Rp 100. Suatu ketika temannya memberikannya saran untuk berbisnis telur. Lalu ia mebuat usaha telur broiler dimana pada masa itu telur kmpung masih mendominasi pasaran.  Pada awalnya ia memasarkan terlusnya dari pintu ke pintu dan berjalannya waktu terlurnya tersbut mulai dikenal, dirasa bisnisnya sudah mulai terkenal ia kemudian merambah ke bisnis daging.  Ia juga orang pertama di Indonesia yang memperkenalkan sistem hidropinik di Indonesian.

Pada awal tahun 1985 rata-rata perbulan perusahaan Bob Sadino  menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan sayuran segar 100 ton sangat fantastis bukan.

5. Nadiem Makarim

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Via: Commons.wikimedia.org

 

Siapa sih yang gal kenal dengan jasa layanan Go-Jek. Akhir-akhir ini Go-Jek menjadi buah bibir pembicaraan orang banyak, karena jasa ini memberikan solusi di bidang transportasi, bahkan sekarang sudah merambah ke dunia kuliner, rumah tangga dan pembayaran. Dengan munculnya Go-Clean, Go-Food dan Go-Pay.

Lahir dengan nama lengkap Nadiem Anwar Makarim lahir di Singapura, 4 Juli 1984,  adalah seorang pengusaha Indonesia. Dia merupakan pendiri serta CEO Go-Jek.  Awal kari di tahun 2006, Nadiem memulai kariernya sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company. Dia juga ikut dalam mendirikan perusahaan Zalora Indonesia menjadi Managing Editor dan kemudian menjadi CIO di Zalora Indonesia. Lalu di tahu 2011 Nadiem fokus untuk mengembangkan Go-Jek. Lima tahun setelah pendirian Go-Jek, perusahaan ini mendapatkan  pendanaanUSD 550 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun dari konsorsium yang terdiri dari KKR tepatnya pada bulan Agustus 2016.  Dan Go-Jek sekarang menjadi salah satu Start Up terbesar di Indonesia.

6. Hary Tanoesoedibjo

Hary Tanoesoedibjo
Hary Tanoesoedibjo Via: Blogspot .com

 

Hary Tanoesoedibjo adalah seorang pengusaha sekaligus politikus. Dia adalah pemilik dari MNC Group dan Pendiri Partai Perindo, sebelumnya ia juga pernah bergabung dengan partai Nasdem dan Hanura dan sekarang ia menjadi Ketua Umum partai Perindo.

Lahir dengan nama Bambang Hary Iswanto Tanoesoedibjo pada 26 September 1965 di Surabaya dari pasangan A. Tanoesoedibjo dan Lilek Yohana. Terlahir sebgai anak bungsu dari 6 bersaudara.  Riwayat pendidikan Bachelor of Commerce (Honours) di Carleton University, Ottawa, Kanada tahun 1988 serta Master of Business Administration dari Ottawa University, Ottawa, Kanada tahun 1989.  Jajaran perusahanya :MNC Group, HT Investment Development Ltd Bhakti Panjiwira, Cipta Lamtoro Gung Persada.


7. William Tanuwijaya

William Tanuwijaya
William Tanuwijaya Via: Blogspot.com

 

William Tanuwijaya juga merupakan salah satu technopreuner yang berhasil, dia adalah founder sekaligus CEO Marketplace online terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia. William membuat tokopedia bertujuan untuk Membangun Indonesia Yang Lebih Baik Lewat Internet.  Tokopedia yang ia dirikan berfokus pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Didirikan oleh oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009, dan launching pada tanggal 17 Agustus 2009. Tokopedia menjadi jajaran perusahaan Startup terbesar di Indonesia. Pada tahun 2014, Tokopedia menjadi perusahaan bidang teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi  pedanaan sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc.  Dan pada bulan agustus juga Tokopedia mendapatkan suntikan dana sebesar USD 1,1 milyar dari Alibaba.com

8. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung
Chairul Tanjung via : wikimedia.org

 

Selain pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian ia juga diken sebagai pengusaha sukses asal indonesia.  Lahir pada tanggal 16 Juni 1962 di Jakarta, Chairul Tanjung memulai bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, jatuh bangun bangkrut merupakan pengalaman berharga bagi dirinya.  Sampai akhirnya ia menjadi seorang pengusaha yang sukses dengan menjadi pemilik dan CEO CT Corp sebuah perusahaan yang membawahi anak perusahaan besar seperti : Trans Corp, Bank Mega dan CT Global Resources.

Chairul mulai berbisnis ketika ia duduk di bangku perkuliahan, ia berjualan alat sekolah, buku, kaos dan foto kopi di kampusnya. Ia juga pernah mendirikan sebuah usaha penjualan peralatan dokter gigi dan usahanya pun bangkrut juga. Dengan bermodal keuletan dan kerja keras akhirnya ia mampu menjadi seorang pengusaha yang sukses.

9. Yusuf Mansur

Yusuf Mansur
Yusuf Mansur Via: commons.wikimedia.org

 

Yusuf manusr lahir dengan nama lengkap Jam’an Nurkhatib Mansur namun dikenal dengan Yusuf mausr, lahir pada tanggal 19 Desember 1976 di Jakarta.Yusuf mansur adalah seorang penulis, motivator, pengusaha dan penulis buku.  Dia juga adalah seorang pendiri pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, cikarang Tangerang.

Yusuf mansur aktif dalam menulis buku banyak bukunya yang diterbitkan dan menjadi best selller seperti : Seri Wisata Hati, Mencari Tuhan Yang Hilang, Kun Fayakun yang memiliki beberapa edisi. Selain seorang pendakwa ia juga pengusaha yang memiliki perusahaan digital dalam bidang pembayaran yang baru baru ini booming yaitu Paytren. Perjalanan membangun bisnisnya ia peroleh dengan kerja keras, dia pernah menginap di balik jeruji besi sampai dua kali karena unfinish bussines. Dan ia memulai bisnisnya dari nol lagi, mulai dari berjualan es di terminal dengan termos, ia lakoni dengan sabar dan diiringi sedekah dan akhirnya sampai ia memiliki pegawai, dan ketekunannya menjadikan dirinya seorang pebisnis sukses, pendakwah dan penulis buku best seller Indonesian.

10. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti Via: wordpress.com

 

Seorang pebisnis wanita sukses sekaligus menjabat sebagai Mentri Kelautan Indonesia ini lahir pada tahun 1965.  Ia tidak lulus SMA, ketika itu ia berhenti dari bangku sekolah dan memulai bisnis pertamannya yaitu menjadi seorang pedagang pakaian dan bed cover. Susi Pudjiastuti adalah wanita yang tangguh dan memiliki semangat tinggi dalam membangun usahanya.  Setelah berbisnis pakaian ia beralih menjadi penjual ikan dengan modal awal 750 ribu. Dengan kerja keras usahanya mulai berkembang dan untuk mempercepat pengiriman ikan, ia membeli sebuah kapal untuk mengantar produknya dan lalu ia berhasil membangun usaha bidang kelautan dan bahkan mendirikan perusahaan maskapai Susi Air.


11. Ippho Santosa

Ippho Santosa
Ippho Santosa Via: blogspot.com

 

Ippho Santosa lahir di Pekanbaru, Riau pada tanggal 30 Desember 1977. Ippho merupakan seorang penulis, motivator serta pengusaha sukses.  Awal menjadi pengusahanya sewaktu ia masih berkuliah di Malaysia, ia berjualan burger dari jam 6 sampai jam 12 malam untuk mememnuhi kebutuhannya.  Pernah ketika ia menjual burge ia duludahi oleh orang india karena ia menjual daging sapi pada orang India tersebut, dia tidak marah dan ia lakoni pekerjaannya samapi ia lulus kuliah. Awal karier pekerjaan ia bekerja pemasar di Sinar Mas Group, Genting Highland setelah itu  Ia juga bekerja sebagai penerjemah di ILO dan dosen diUniversitas Internasional Batam.

Setelah masa kerjanya selesai ia mendirikan EnterTrend sebuah komunitas dan seminar motiavasi yang anggotanya hingg puluhan ribu. Setelah itu ia juga mendirikan warala pendidikan TK Khalifa dan mulai menulis buku mega-bestsellernya seperti : 7 Keajaiban Rezeki, Protokol Rezeki, Moslem Millionaire, 13 jurus waiat terlarang dan karya lainnya. Selain itu dia juga merupakan pembicara yang sudah tenar di berbagai negara dan benua. Dalam bukunya terdapat foto bersama pebisnis sukses dunia seperti Robert T.Kiyosoki dan Donald Trump (Sekarang Presiden Amerika).


Baca Juga:


Sekian, jadi anda mau jadi pengusaha. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anada mengenai pengusaha yang sukses di Indonesia. Di atas merupakan daftar pengusaha sukses dan namanya sudah dikenal oleh masayarakat Indonesia.


referensi: wikipedia.org

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda