√ Cara Menggambar ERD Yang Baik Dan Benar Simple!

February 22, 2019
Baik setelah di postingan sebelumnya kita telah membahas mengeni ERD dan seluk beluknya di tutorial artikel ini kita akan membahas bagaiamana cara membuat sebuah ERD yang baik dan benar sesuai dengan aturan-aturan standard baku.

√ Cara Menggambar ERD Yang Baik Dan Benar Simple!

Baca Juga:

Cara Menggambar ERD Yang Baik Dan Benar:

Jika Anda kesulitan memulai dengan menggambar diagram ER, jangan khawatir. Di bagian ini kami akan memberikan Anda beberapa tips ERD. Coba ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memahami cara menggambar diagram ER secara efektif.
1. Pastikan Anda jelas tentang tujuan menggambar ERD. Apakah Anda mencoba menyajikan arsitektur sistem secara keseluruhan yang melibatkan definisi objek bisnis? Atau apakah Anda mengembangkan model ER yang siap untuk pembuatan basis data? Anda harus jelas tentang tujuan mengembangkan diagram ER pada tingkat rincian yang benar (Baca bagian Model Data Konseptual, Logikanal dan Fisik untuk lebih jelasnya)

2. Pastikan Anda jelas tentang cakupan model. Mengetahui ruang lingkup pemodelan mencegah Anda dari memasukkan entitas yang berlebihan dan hubungan dalam desain Anda.

3. Gambar entitas utama yang terlibat dalam ruang lingkup.

4.Tentukan properti entitas dengan menambahkan kolom.

5.Tinjau ERD dengan hati-hati dan periksa apakah entitas dan kolom cukup untuk menyimpan data sistem. Jika tidak, pertimbangkan untuk menambahkan entitas dan kolom tambahan. Biasanya, Anda dapat mengidentifikasi beberapa entitas transaksional, operasional, dan peristiwa dalam langkah ini.

6.Pertimbangkan hubungan antara semua entitas dan hubungkan mereka dengan kardinalitas yang tepat (mis. Satu-ke-banyak antara entitas Pelanggan dan Pesanan). Jangan khawatir jika ada entitas yatim. Meskipun tidak umum, itu sah.

7. Menerapkan teknik normalisasi basis data untuk menyusun kembali entitas dengan cara yang dapat mengurangi redundansi data dan meningkatkan integritas data. Misalnya, rincian pabrikan mungkin disimpan di bawah entitas Produk pada awalnya. Selama proses normalisasi, Anda mungkin menemukan bahwa detail terus mengulang catatan dari catatan, kemudian Anda dapat membaginya sebagai Produsen entitas terpisah, dan dengan kunci asing yang menghubungkan antara Produk dan Produsen.

Sekian di atas merupakan tutorial bagaimana caranya membuat ERD yang baik dan benar. Terimkasih semog dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda