√ Pengertian ERD, Contoh ERD, Simbol ERD, dan Fungsi ERD Lengkap

February 22, 2019
Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan mengenai ERD, dalam dunia programing khusunya dalam pembuatan sebuah aplikasi berskala besar dan membutuhkan database (basis data ) yang komplek pastinya diperlukan sebuah rancangan database yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan maupun pengguna aplikasi tersebut, untuk hal efisiensi database maka diperlukan yang namanya ERD.

Apa itu ER Diagram (ERD)?

Baca Juga :
Pengertian ERD, Contoh ERD, Simbol ERD, dan Fungsi ERD Lengkap

Entity Relationship Diagram, juga dikenal sebagai ERD, ER Diagram atau model ER, adalah jenis diagram struktural untuk digunakan dalam desain database. ERD berisi simbol dan konektor berbeda yang memvisualisasikan dua informasi penting: Entitas utama dalam ruang lingkup sistem , dan hubungan antar entitas ini .

Dan itulah mengapa ini disebut diagram "Entity" "Relationship" (ERD)!

Ketika kita berbicara tentang entitas dalam ERD, sangat sering kita merujuk pada objek bisnis seperti orang / peran (misalnya Siswa), objek bisnis berwujud (misalnya Produk), objek bisnis tidak berwujud (misalnya Log), dll. "Hubungan" adalah tentang bagaimana entitas-entitas ini berhubungan satu sama lain dalam sistem.

Kapan harus menggambar Diagram ER?

Jadi, kapan kita menggambar ERD? Sementara model ER sebagian besar dikembangkan untuk merancang database relasional dalam hal visualisasi konsep dan dalam hal desain database fisik, masih ada situasi lain di mana diagram ER dapat membantu. Berikut adalah beberapa kasus penggunaan umum.

Desain database - Bergantung pada skala perubahan, berisiko mengubah struktur basis data secara langsung dalam DBMS. Untuk menghindari penghancuran data dalam database produksi, penting untuk merencanakan perubahan dengan hati-hati. ERD adalah alat yang membantu. Dengan menggambar diagram ER untuk memvisualisasikan ide-ide desain database, Anda memiliki kesempatan untuk mengidentifikasi kesalahan dan kekurangan desain, dan untuk membuat koreksi sebelum melakukan perubahan dalam database.

Database debugging - Untuk men-debug masalah basis data dapat menjadi tantangan, terutama ketika database berisi banyak tabel, yang membutuhkan penulisan SQL kompleks dalam mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Dengan memvisualisasikan skema database dengan ERD, Anda memiliki gambaran lengkap tentang seluruh skema database. Anda dapat dengan mudah menemukan entitas, melihat atributnya, dan mengidentifikasi hubungan yang mereka miliki dengan orang lain. Semua ini memungkinkan Anda untuk menganalisis basis data yang ada dan untuk mengungkapkan masalah basis data dengan lebih mudah.

Pembuatan dan penambalan basis data - Alat ERD seperti Visual Paradigm mendukung alat pembuatan basis data yang dapat mengotomatiskan proses pembuatan dan penambalan basis data melalui diagram ER. Jadi, dengan alat Diagram ER ini, desain ER Anda tidak lagi hanya diagram statis tetapi cermin yang benar-benar mencerminkan struktur basis data fisik.
Bantuan dalam pengumpulan persyaratan - Tentukan persyaratan sistem informasi dengan menggambar ERD konseptual yang menggambarkan objek bisnis tingkat tinggi dari sistem. Model awal seperti itu juga dapat dikembangkan menjadi model basis data fisik yang membantu pembuatan basis data relasional, atau bantuan dalam pembuatan peta proses dan model aliran data.

Panduan notasi/simbol ERD

Diagram ER berisi entitas, atribut, dan hubungan. Pada bagian ini kita akan membahas simbol ERD secara terperinci.

Entitas (Entity)
Entitas ERD adalah hal atau konsep yang dapat didefinisikan dalam suatu sistem , seperti orang / peran (misalnya Siswa), objek (misalnya Faktur), konsep (misalnya Profil) atau peristiwa (misalnya Transaksi) (catatan: Dalam ERD, istilah " entitas "sering digunakan sebagai ganti" tabel ", tetapi keduanya sama). Saat menentukan entitas, anggaplah mereka sebagai kata benda. Dalam model ER, suatu entitas ditampilkan sebagai persegi panjang bulat, dengan namanya di atas dan atributnya terdaftar di tubuh bentuk entitas. Contoh ERD di bawah ini menunjukkan contoh entitas ER.




Atribute
Juga dikenal sebagai kolom, atribut adalah properti atau karakteristik entitas yang menyimpannya .

Atribut memiliki nama yang menggambarkan properti dan tipe yang menggambarkan jenis atributnya, seperti varchar untuk string, dan int untuk integer. Ketika ERD dibuat untuk pengembangan database fisik, penting untuk memastikan penggunaan tipe yang didukung oleh RDBMS target.

Contoh ERD di bawah ini menunjukkan entitas dengan beberapa atribut di dalamnya.
Pengertian ERD, Contoh ERD, Simbol ERD, dan Fungsi ERD Lengkap

Jenis-Jenis Key Pada ERD

Primary Key (Kunci Utama)
Juga dikenal sebagai PK, kunci utama adalah jenis khusus dari atribut entitas yang secara unik mendefinisikan catatan dalam tabel database. Dengan kata lain, tidak boleh ada dua (atau lebih) catatan yang memiliki nilai yang sama untuk atribut primary key. Contoh ERD di bawah ini menunjukkan entitas 'Produk' dengan atribut kunci primer 'ID', dan pratinjau catatan tabel dalam database. Catatan ketiga tidak valid karena nilai ID 'PDT-0002' sudah digunakan oleh catatan lain.




Foreign Key (Kunci Asing)
Juga dikenal sebagai FK, kunci asing adalah referensi ke kunci utama dalam tabel. Ini digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antar entitas. Perhatikan bahwa kunci asing tidak harus unik. Beberapa catatan dapat berbagi nilai yang sama. Contoh Diagram ER di bawah ini menunjukkan entitas dengan beberapa kolom, di antaranya kunci asing digunakan dalam referensi entitas lain. 


Kardinalitas (Cardinality)
Kardinalitas mendefinisikan jumlah kemungkinan kejadian dalam satu entitas yang terkait dengan jumlah kejadian di entitas lain. Misalnya, SATU tim memiliki banyak pemain. Ketika hadir dalam ERD, entitas Tim dan Pemain saling terhubung dengan hubungan satu-ke-banyak. 


Dalam ERD, kardinalitas direpresentasikan sebagai kaki gagak di ujung konektor. Tiga hubungan kardinal yang umum adalah satu-ke-satu (one to one), satu-ke-banyak (one to many), dan banyak-ke-banyak (many to many).



Contoh kardinalitas satu-ke-satu (One to One)
Hubungan satu-ke-satu sebagian besar digunakan untuk membagi entitas menjadi dua untuk memberikan informasi secara ringkas dan membuatnya lebih dimengerti. Gambar di bawah ini menunjukkan contoh hubungan satu-ke-satu.



Contoh kardinalitas Satu-ke-Banyak  (One To Many)
Hubungan satu-ke-banyak mengacu pada hubungan antara dua entitas X dan Y di mana sebuah instance X dapat dihubungkan ke banyak instance Y, tetapi sebuah instance Y terkait hanya dengan satu instance X. Gambar di bawah ini menunjukkan contoh hubungan satu-ke-banyak.




Contoh kardinalitas Banyak ke Banyak (Many To Many)
Hubungan banyak-ke-banyak mengacu pada hubungan antara dua entitas X dan Y di mana X dapat dikaitkan dengan banyak contoh Y dan sebaliknya. Gambar di bawah ini menunjukkan contoh hubungan banyak-ke-banyak. Perhatikan bahwa hubungan banyak ke banyak dibagi menjadi sepasang hubungan satu-ke-banyak dalam ERD fisik. Anda akan tahu apa ERD fisik di bagian selanjutnya.





Contoh ERD dari sebuah Toko Online (E-Comerce)
Berikut adalah contoh ERD dari toko online atau E-Comerce
Sekian informasi mengenai ERD semoga artikel mengenai ERD semoga dapat bermanfaat dan membantu kita semua, dan bila ada kesalahan mohon dimaklumi dan terimkasih nantikan artikel menarik lainnya.



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda