√ 10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap

May 09, 2019
Seni adalah seusatu yang dibuat dengan kreatifitas, dedikasi, keunikan dan keuletan sehinga menghasilkan seusatu yang dapat menggerakan jiwa orang yang menikmatinya. Untuk jenisnya seni dibagi menjadi beberapa sub, seperti seni tari, seni rupa, seni kriya dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Sebuah seni memiliki unsu-unsur yang membentuknya menjadi sebuah seni secara keseluruhan. Salah satu bidang seni yang banyak di minati adalah seni rupa dimana seni rupa biasanya berupa lukisan, pamlet, gambar, logo dan lain sebainya. Contoh seni rupa yang melegenda sampai saat ini adalah lukisan Monalisa karya Leonardo Davinci seorang seniman asal Italia.

Pada artikel ini akan di bahas mengenai unsu-unsur seni secara lengkap dan gamblang seperti titik, gelap terang, garis, bentuk dan lainnya. Ok secara keseluruhan unsur-unsur seni rupa teridiri dari 20 Unsur apa saja, mari akan kami jelaskan.

10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap



1. Titik

10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap

 

Titik merupakan salah satu dari unsur-unsur seni rupa yang paling kecil. Unsur ini harus ada di sebuah karya seni rupa. Semua bentuk karya seni rupa berawal dari unsur yang terkecil ini. Titik dapat menjadi perhatian jika terdiri dari beberapa titik atau memiliki warna yang berbeda dengan yang lainnya.

2. Garis

 
10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap

Garis adalah goresan dan batas limit dari suatu benda ruang, warna, massa, dan lain-lain. Sedangkan menurut Mikke Susanto garis adalah perpaduan sejumlah titik yang sejajar dan sama besar, mempunyai dimensi memanjang dan punya arah (bisa panjang, pendek, tebal, halus, lurus, melengkung berombak, dan lainnya.

3. Bidang

10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap

Merupakan sebuah pengembangan dari garis-garis yang jika di gabungkan akan membentuk beberapa sisi dalam hasil karyanya.

4. Bentuk

10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap

 

Secara bahasa bentuk dikatakan sebagai bangun (shape) atau bentuk plastis (form). Bentuk (shape) dalam suatu karya seni rupa terdiri dari benda yang polos yang dapat dilihat oleh mata yang biasa kita kenal dengan kotak, bulat, ornamental, atau tidak beraturan. Sedangkan bentuk plastis (form) adalah bentuk yang bisa dilihat dan dirasakan karena memiliki nilai yaitu seperti lemari, meja, kursi, guci, dan lain-lain.

Bentuk merupakan unsur seni rupa yang berwujud 3 dimensi yang terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi. Bentuk ini juga merupakan salah satu unsur-unsur seni rupa yang bisa menghidupkan kesan pada suatu jenis karya seni rupa. Unsur seni rupa yang satu ini mampu memberikan sentuhan dan detail yang sempurna sehingga bisa menghasilkan suatu seni rupa yang sangat indah.

5. Ruang

10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap

 

Menurut Djelantik, ruang adalah kumpulan beberapa bidang, kumpulan dimensi yang terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi. Ilusi yang dibuat dengan pengelolaan garis dan bidang, dibantu oleh warna (unsur pendukung) yang dapat menciptakan ilusi sinar atau bayangan yang meliputi perspektif dan kontras gelap terang. Jadi pengertian ruang dikaitkan dengan bidang dan keluasan.
 

6. Warna

10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap

 

Warna merupakan unsur penting yang menjadikan sebuah hasil karya seni lebih indah. Perpaduan warna pada sebuah karya seni itu relative dan tergantung dari sang pembuat karya. Perpaduan warna akan memberikan sebuah gambaran dari seninya, apakah sedang berada dalam suasana hati yang senang sedih dan lain sebagainya.
 
Pembagian Warna pada dasarnya ada 3 yaitu:
 
a. Warna primer
Warna primer disebut juga sebagai warna dasar atau warna pokok. Warna ini tidak bisa diperoleh dari campuran warna lain. Warna primer terdiri dari warna merah, warna kuning, dan warna biru.
 
b. Warna sekunder
Warna sekunder adalah warna yang dapat diperoleh dengan menggabungkan antara 2 warna primer. Contoh dari warna sekunder adalah warna jingga yang merupakan perpaduan dari warna primer merah dan warna primer kuning. Kemudian warna hijau yang merupakan perpaduan dari warna primer kuning dan biru. Warna ungu merupakan perpaduan dari warna primer merah dan warna primer biru.
 
c. Warna tersier
Warna tersier adalah warna yang dihasilkan dari gabungan warna primer dan sekunder. Contoh warna tersier adalah kuning kehijauan yang merupakan gabungan dari warna primer kuning dan warna sekunder hijau.
 

7. Tekstur

10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap

 

Di dalam dunia seni rupa, tekstur merupakan keadaan atau sifat yang terdapat pada suatu karya seni rupa. Tekstur dalam karya seni rupa ini dapat memberikan sifat atau kesan kasar, halus, mengkilap, kusam, berpori, licin, dan masih banyak lagi. Kesan ini dapat anda rasakan baik dengan penglihatan maupun dengan rabaan.
Secara umum, tekstur dalam suatu karya seni rupa dapat dibedakan menjadi tekstur semu dan tekstur nyata. Yang dimaksud dengan tekstur semu adalah tekstur yang memberikan kesan yang tidak sama antara indera penglihatan dan indera peraba. Sedangkan tekstur nyata adalah tekstur yang memberikan kesan yang sama pada seni rupa baik dengan indera penglihatan maupun inder peraba.

8. Gelap Terang

10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap

 

Unsur gelap terang adalah salah satu dari unsur-unsur seni rupa yang memiliki banyak fungsi. Dalam karya seni rupa yang berbentuk 2 dimensi, unsur gelap terang ini dapat digunakan untuk memberikan kesan 3 dimensi pada karya seni rupa tersebut. Gelap terang juga dapat memberikan kesan kedalaman atau ruang dan memberikan perbedaan kontras dalam seni rupa.

Unsur gelap terang ini menjadikan suatu karya seni rupa dapat terlihat semakin nyata. Dalam pembuatan gelap terang yang harus diperhatikan adalah intensitas cahaya dari obyek yang akan dijadikan sebagai seni rupa. Gelap terang bisa terjadi karena intensitas warna atau daya pancar dan juga bisa dapat terjadi karena pencampuran warna hitam dan putih. 

9. Komposisi

10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap

 

Unsur komposisi adalah unsur seni rupa yang bisa menentukan dasar keindahan dalam suatu karya seni rupa. Unsur komposisi ini berhubungan dengan unsur-unsur seni rupa lain yang disususn secara teratur dan serasi. Dengan memperhatikan unsur komposisi dalam pembuatan karya seni rupa maka akan tercipta suatu karya seni rupa yang sangat ekspresif dan memberikan nilai estetika yang sangat tinggi.

10. Imajinasi

10 Unsur-Unsur Seni Rupa Pengertian, Penjelasan dan Gambar Lengkap

Suatu karya seni rupa diciptakan tidak jauh dari imajinasi sang penciptanya. Imajinasi ini kemudian direalisasikan menjadi suatu karya seni rupa yang bagus. Kemampuan imajinasi dari pencipta suatu karya seni rupa akan menentukan hasil dari karya seni rupa yang dihasilkan. Semakin baik kemampuan imajinasi pencipta karya seni rupa maka hasil karya seni rupa yang diciptakan juga akan menjadi semakin baik.

Unsur-unsur di atas adalah unsur yang harus ada dalam setiap pembuatan karya seni rupa. Unsur-unsur seni rupa ini dapat menghasilkan suatu karya seni rupa menjadi lebih baik dan memiliki nilai estetika yang lebih tinggi. Dengan demikian karya seni rupa tersebut dapat menjadi berkualitas dan dapat dinikmati oleh orang lain yang melihatnya.

Sekian artikel mengenai unsur-unsur seni, kami berharap artikel ini dapat bermanfaat dan membantu para pembaca sekalian.
 
 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda