√ 11 Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja atau Wirausaha Paling Bagus Era Digital

May 25, 2019
Bagi kamu yang barus lulus SMA/MA/SMK atau sederajat dan menginginkan untuk melanjutkan kuliah tapi bingun mau  ngambil jurusan apa, mau di PTN atau di Swasta atau di kedinasan, untuk era digital seperti ini kamu harus jeli melihat prospek jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja atau prospek berwirausaha yang bagus. Nah bagi kamu yang bingung mengenai hal tersebut kamu menemukan sebuah artikel yang tepat.

Baca Juga :

11 Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja atau Wirausaha Paling Bagus Era Digital


1. Sistem Informasi
Di jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai coding, tapi lebih condong ke analisis, dengan jurusan SI kamu bisa menjadi sistem analyst, databaser, developer maupun membuka wiarusaha sendiri di bidang teknologi. Kenapa menjanjikan di prodi ini, karena di era digital saat ini banyak sekali startup yang membutuhkan seseorang dengan skill IT yang mumpuni.

2. Teknik Infromatika dan Komputer
Tidak jauh dengan jurusan kuliah SI, Teknik Komputer lebih cenderung ke coding dan lulusannya di persiapkan menjadi seorang programer, networker, devops dan bidan IT lainnya. Jadi kalau kamu suka coding ini jurusan yang sangat tepat buat kamu. Pasalnya founder seperti Tokopedia dan Bukalapak merupakan berasal dari jurusan TI.

3. Pemasaran
Inilah jurusan lain yang terbilang fleksibel dan menarik minat para ekstrover. Kenapa fleksibel? Toh, segala jenis bisnis pasti membutuhkan kemampuan pemasaran yang mumpuni, mau itu industri penerbitan, perfilman, perbankan, makanan, dan sebagainya.
Tidak tanggung-tanggung, tingkat pekerjaan lulusan pemasaran bahkan mencapai 95 persen.  Kamu bisa menjadi marketer atau membangun usaha sendiri, di era digital ini di mana pemasaran menggunakan SEO, Facebook ads dan Google ads akan memudahkan kamu menjual produkmu.
'
4. lmu Komunikasi
Ilmu komunikasi sendiri adalah induk ilmunya, sementara turunannya banyak seperti jurnalistik, hubungan masyarakat, periklanan dan sebagainya. Seorang lulusan prodi S1 Ilmu Komunikasi akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom). Jika kamu mengambil jurusan ini, nantinya kamu akan mempelajari cara menyampaikan pesan secara efisien dan efektif juga mempelajari pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman.

Misalnya perkembangan internet, pengaruh media sosial, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lainnya. Dan karena tren dan teknologi selalu berkembang tiada hentinya, kurikulum dan penyampaian perkuliahan komunikasi juga berubah-ubah, sehingga ilmu ini tiada ujungnya dan peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Universitas terbaik dengan jurusan ini diantaranya: UGM, UI, UNAIR, UNTIDAR.

5. Teknik Mesin / Teknik Elektro
Di antara para jurusan teknik, inilah yang paling lukratif. Pasalnya, jurusan teknik mesin biasanya cukup belajar S1, tidak perlu sekolah lanjutan.

Jurusan ini bisa masuk ke banyak industri, seperti otomotif, robotik, dan konstruksi. Jurusan ini sangat cocok bila kamu ingin menguasai ilmu IOT, yang merupakan teknolgi masa depan

6. Pendidikan
Guru baru selalu dibutuhkan, hal ini terlihat dari 90% mahasiswa program pendidikan mendapatkan pekerjaan dalam waktu enam bulan setelah kelulusan.

Selain itu Guru akan selalu di butuhan di era digitalaisasi karena perkembangan informasi dena perkembangan penduduk yang pesat sehingga membutuhkan takent-talent guru muda yang bisa mencerdaskan anak bangsa.

7. Bisnis Dan Administrasi
75% mahasiswa dalam program ini mendapatkan pekerjaan penuh waktu dalam waktu enam bulan setelah kelulusan.

Selain itu kamu bisa menjadi seorang bisni analyst dan bisnis process atau menjadi administrator di perusahaan, sudah menjadi rahasia umu kalau di setiap persahaan pastinya membutuhkan operasional administrasi dalam menjalankan perusahaannya.

8. Hukum
Mahasiswa dengan gelar hukum juga sangat dibutuhkan, dengan prospek kerja sebesar 74% dalam waktu enam bulan setelah kelulusan.

9. Desain Komunikasi dan Media
Perkembangan dan pertumbuhan digital membuat jurusan tersebut banyak dibutuhkan.

Diperkirakan pada 2020 peningkatan kebutuhan tersebut sebanyak 15%.

Kombinasi antara kemampuan mengomunikasi pesan dan memasarkan menjadi peluang karir di masa mendatang

Dengan jurusan ini kamu bisa menjadi agen creative di sebuah perusahaan bahkan kamu bisa mendirikan agen sendiri.

10. Psikolog
Sama seperti ilmu kesehatan, lulusan ilmu psikologi pun masih dibutuhkan hingga saat ini.

Diprediksikan sama seperti kedokteran, tenaga psikolog pun permintaannya akan meningkat 40% pada 2020.

Hal tersebut dikarenakan populasi yang ternyata membawa dampak dan pengaruh pada kesehatan mental.
Sehingga kebutuhan lulusan psikologi akan meningkat di masa mendatang.

11. Akuntansi
Jurusan keuangan yang satu ini sangat berprospek tinggi, pasalnya di era digital seperti ini perusahaan start up maupun perusshaan konvensional sangat membutuhkan talent akuntan, untuk menjalankan perusahaannya.


Sekian semoga informasi megenai 11 Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja atau Wirausaha Paling Bagus Era Digital, dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang bingung memilih jurusan untuk kuliah.







Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda