√ Tutorial Kotlin - Membuat POJO Otomatis Dengan Plugin

May 13, 2019
Tutorial Kotlin - Membuat POJO Otomatis Dengan Plugin
Tutorial Kotlin - Membuat POJO Otomatis Dengan Plugin

POJO atau Plain Old Java Object  merupakan suatu object yang berdiri sendiri dan tidak memiliki ketergantungan dengan class lain, atau tidak melakukan extends pada class lain. POJO sering digunakan sebagai model untuk sebuah data tertentu pada saat membuat aplikasi android. Sering kali ketika kita membuat POJO data yang diperlukan banyak, hal itu tentu akan memakan waktu lebih. Pada tutorial kali ini kita akan membuat POJO secara otomatis dengan menggunakan plugin pada Kotlin.

Oke, untuk mencobanya disini saya contohkan membuat POJO dari data yang diambil dari News API. Untuk linknya kalian dapat membukanya di News API. Untuk mendapatkan api key nya silahkan pilih tombol Get Api Key :
Selanjutnya isi data form untuk melakukan registrasi, setelah berhasil mendaftar kalian akan mendapatkan api key dan dapat mengakses end point API nya.

Kemudian pilih menu News Source, dan pilih negara untuk berita yang akan diambil. Disini saya contohkan untuk berita dengan country Indonesia. Silahkan pilih Indonesia
Kita akan melakukan test end point dari API untuk mendapatkan response datanya, untuk mencobanya kalian dapat menggunakan Postman. Jika belum instal kalian dapat download dan instal Postman terlebih dahulu.

Copy end point yang akan kita coba :
Kemudian buka dan paste url end point dari News API ke Postman, jangan lupa untuk metodenya menggunakan GET. Jika berhasil maka akan muncul response datanya seperti berikut :
Nah jika kita amati data dari response yang kita dapat lumayan banyak, bayangkan jika kalian mengetik untuk membuat POJOnya secara manual. Selanjutnya kita akan mencoba pada Android Studio.

1. Buat Project di Android Studio

Pertama, buka aplikasi Android Studio dan buat project baru, kalian bebas menamakannya. Saya contohkan nama projectnya yaitu AndroidPojoTutorial kemudian tunggu sampai proses sinkronisasi gradlenya selesai.

2. Instal Plugin 

Selanjutnya kita akan instal pluginnya, nama pluginnya yaitu Kotlin Data Class from JSON. Caranya buka menu Preferences > Plugin
Kemudian pilih browse repository, dan cari Kotlin data class from JSON
Setelah itu silahkan klik Instal, pastikan laptop terkoneksi dengan internet. Jika sudah selesai instal kemudian restart Android Studio kalian dan buka projectnya kembali.

3. Buat Kotlin Data Class

Nah setelah plugin sudah selesai diinstal, langkah selanjutnya yaitu membuat POJO kalau di Kotlin berupa data class. Caranya yaitu :

Buka aplikasi Postman yang sebelumnya, dan copy semua response dari end point yang sudah kita coba
Kemudian pada package di project kalian buat file Kotlin baru, caranya klik kanan pada package pilih New > Kotlin data class File from JSON. Jika belum ada pastikan kembali pada plugin bahwa sudah berhasil diinstal.
Kemudian beri nama pada class name, lalu paste response pada form isian dibawahnya. Pilih tombol Format untuk merapikan kembali.
Terakhir pilih Generate. Nah sekarang kita liat secara otomatis akan membuat file baru untuk data class Kotlin yang digunakan sebagai POJO. Hasilnya akan ada 3 file berikut
Article
News
Source

Dan isinya sudah disesuaikan dengan end point yang didapat dari response.
Article 
package com.didik.newsapp

data class Article(
    val author: String,
    val content: String,
    val description: String,
    val publishedAt: String,
    val source: Source,
    val title: String,
    val url: String,
    val urlToImage: String
)
News
package com.didik.newsapp

data class News(
    val articles: List,

    val status: String,
    val totalResults: Int
)
Source
package com.didik.newsapp

data class Source(
    val id: Any,
    val name: String
Demikian tutorial membuat POJO secara otomatis di Kotlin dengan menggunakan plugin, jangan lupa untuk terus ikuti jooinfoo. Semoga bermanfaat

Baca juga :
Belajar Express.js Instalasi, Menampilkan Data, Routing Dan HTTP Method Request
Tools Yang Membantu Web Developer Mengidentifikasi Teknologi Sebuah Website

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda