√ Cara Menjadi Kreatif dan Inovatif Lengkap dan Penjelasannya

July 06, 2019
Cara menjadi kreatif dan inovatif wajib diketahui
Cara menjadi kreatif dan inovatif wajib diketahui
Jooinfoo.com - Pada artikel ini jooinfoo akan berbagi tips dan cara untuk menjadi kreatif dan inovatif. Persaingan pasti ada di semua bidang maka yang tidak dapat berpikir secara kreatif dan inovatif maka akan tertinggal dan sulit untuk berkembang. Pada dasarnya manusia diberikan naluri untukberpikir dan menalar, itulah sifat alami manusia. Coba kita lihat kilas balik orang-orang yang banyak memberikan manfaat baik dengan ilmunya, penemuanya, dan hasil karyanya pasti mereka berbeda dengan orang-orang biasanya. Berbeda karena mereka berpikir secara kreatif dan inovatif serta mau mengeksekusi menjadi tindakan nyata.

Bagi Anda yang sering mengalami kesulitan dalam berpikir untuk berkarya, belajar, maupun memikirkan apapun cobalah untuk menerapkan point-point berikut yang dapat Anda coba untuk meningkatkan cara berpikir Anda menjadi seorang yang kreatif dan inovatif.

Lalu apa saja tips untuk meningkatkan cara berpikir Anda menjadi seorang yang kreatif dan inovatif ? Siapkan note Anda untuk mencatat point-point berikut dan pastikan Anda memulainya dari sekarang juga. Take action !

1. Berpikir Out of The Box

Apa itu berpikir out of the box ? Dapat kita artikan cara berpikir keluar dari kotak, kotak apa ? Yaitu kita harus dapat berpikir diluar pada umumnya, cara berpikir kita harus berbeda dengan orang-orang pada umumnya. Pernahkah Anda membayangkan pada tahun-tahun dulu dimana belum ditemukan teknologi hingga seperti saat ini, dan bahkan dirasa tidak mungkin pada zamanya, tapi kini menjadi kenyataan dan hal yang lumrah digunakan. Cobalah untuk berpikir berbeda dari biasanya orang-orang pada umumnya, ini akan menjadi nilai bagi Anda untuk berkreatifitas dan berinovasi.

2. Jangan Batasi Diri Anda

Kenapa jangan pernah membatasi diri Anda ? Ya, karena berpikir itu gratis terlebih lagi jika Anda membatasi diri Anda misal Anda ingin menciptakan suatu produk atau ingin menggapai keinginan tapi Anda kurang percaya diri dan menganggap Anda tidak mampu melakukanya, maka otak akan merespon hal tersebut menjadi negatif dan tentunya menghambat cara berpikir Anda. Berbeda dengan orang-orang yang selalu berpikir positif dan tidak pernah membatasi dirinya maka otak akan merespon menjadi positif, dan Anda lebih optimis dan mendapatkan psikologis yang bagus untuk berpikir serta mengeksekusi kreatifitas Anda. Terlebih lagi berpikir itu gratis !

3. Jangan Meniru Kecenderungan

Apa artinya jangan meniru dari kecenderungan ? Pernahkah Anda mendengar istilah ATM ? Amati, Tiru, Modifikasi, 3 hal itu sering terjadi disekitar kita. Memang sulit untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar baru saat ini dan banyak yang meniru dari yang sudah ada dan memodifikasinya. Tentunya untuk kreatif dan inovatif cobalah untuk jangan hanya meniru saja, buatlah hal yang berbeda dari yang sebelumnya ataupun kecenderungan yang sudah ada.

4. Berpikir Terbalik

Apa maksudnya berpikir terbalik ? Bukan berarti Anda berpikir dalam posisi teralik ya teman-teman. Berpikir terbalik yaitu Anda berpikir kebalikan dari yang orang lain pikirkan, tapi ingat point ini hanya dapat diterapkan sesuai kondisinya. Contoh pada saat online shop baru booming orang-orang masih berpikir negatif untuk mencoba bertransaksi online dengan banyaknya alasan masing-masing, tetapi Anda berpikir jika Anda bertransaksi dan berjual beli online maka banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berpikir terbalik untuk hal yang lebih positif !

5. Original Gagasan

Point ini merupakan yang paling penting, kenapa ? Karena kreatifitas dan inovasi yang Anda pikirkan hendaknya asli dari pemikiran Anda. Carilah referensi secukupnya, pelajari, dan kembangkan gagasan Anda menjadi suatu hasil kreatifitas dan inovasi yang bukan hanya meniru saja, tetapi buatlah gagasan asli Anda sendiri.

Sudah cukup jelas teman-teman ? Itulah point-point yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan diri anda menjadi seorang yang kreatif dan inovatif. Ikuti terus website kami untuk mendapatkan ilmu dan wawasan menarik lainnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda