√ Tutorial Android Membuat Getter dan Setter Java Otomatis

August 04, 2019
Tutorial android java getter and setter
Tutorial android java getter and setter
Jooinfoo.com - Getter dan setter merupakan dua method yang digunakan untuk mengambil dan mengisi data pada object. Getter dan setter akan sangat berguna dan sering kamu gunakan ketika kamu membuat suatu aplikasi android, baik menggunakan bahasa pemrograman Java maupun Kotlin.

Ketika kita membuat POJO (Plain old java object) class pada Java, getter dan setter akan sangat penting untuk digunakan. Bagi yang belum tahu caranya, mungkin akan membuatnya secara manual, bagaimana jika POJO yang kita buat berisi data yang banyak ? Tentu akan sangat memakan waktu untuk membuat getter dan setternya.

Nah pada tutorial ini akan kita bahas bagaimana caranya ketika membuat POJO, getter dan setternya langsung generate otomatis dengan menggunakan bantuan Android Studio.

Pertama buka aplikasi Android Studio, jika kamu belum menginstallnya dapat download dan install dulu disini. Buat project baru atau kamu dapat menggunakan project yang sudah ada, jangan lupa untuk memilih bahasa pemrograman Java.
tutorial android studio for beginner
tutorial android studio for beginner
Selanjutnya buat file Java baru dengan cara klik kanan pada package yang isinya MainActivity.java kemudian pilih New, pilih Java Class dan beri nama contohnya Email.

Sebagai contoh kita akan membuat POJO untuk Email yang berisi properties seperti title, from, to, dan message. Tambahkan kodenya sehingga menjadi seperti berikut :

com.jooinfoo.android

public class Email {
    private String title;
    private String from;
    private String to;
    private String message;
}
Kita sudah membuatnya, namun kita tidak dapat mengubah dan mengambil data yang disimpan didalam class Email. Untuk dapat melakukan hal itu, kita perlu membuat getter dan setter. Berikut cara membuatnya secara otomatis sehingga kamu tidak perlu menuliskannya secara manual.

Klik kanan didalam kode class Email, kemudian pilih Generate atau kamu dapat menggunakan shortcut Ctrl + N.
tutorial android pojo with java
tutorial android pojo with java
Kemudian setelah muncul dialog lagi dengan beberapa pilihan, pilih yang Getter and Setter, sehingga kamu dapat generate getter dan setter secara bersamaan, jika kamu hanya ingin membuat getter otomatis tanpa setter, pilih yang Getter, begitupun dengan yang setter.

Setelah kamu memilih Getter and Setter akan muncul box dialog untuk memilih properties apa saja yang akan digenerate, tampilannya seperti berikut :
Android studio generate getter and setter
Android studio generate getter and setter
Jangan lupa untuk memilih semua properties yang ada didalam classs Email, kemudian pilih OK. Maka akan tergenerate secara otomatis getter dan setter untuk class Email.

Kamu sudah bisa mengambil dan mengupdate / set data yang disimpan didalam object. Sehingga kodenya menjadi seperti berikut :

package com.jooinfoo.android;

public class Email {
    private String title;
    private String from;
    private String to;
    private String message;

    public String getTitle() {
        return title;
    }

    public void setTitle(String title) {
        this.title = title;
    }

    public String getFrom() {
        return from;
    }

    public void setFrom(String from) {
        this.from = from;
    }

    public String getTo() {
        return to;
    }

    public void setTo(String to) {
        this.to = to;
    }

    public String getMessage() {
        return message;
    }

    public void setMessage(String message) {
        this.message = message;
    }
}

Cara diatas dapat kamu gunakan sehingga ketika kamu ngoding menjadi lebih efektif dan efisien, demikian tutorial cara membuat getter dan setter pada Java secara otomatis menggunakan Android Studio. Tunggu tutorial berikutnya ya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda