√ 26+ Macam Perangkat Komputer, Pengertian Dan Fungsinya Lengkap

Komputer adalah salah satu alat modern yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, computer (compute) dalam Bahasa Indonesia berarti menghitung atau kalkulasi, pada awalnya komputer dicipatakan untuk kalkulasi enigma untuk menghitung sandi dari nnazy jerman oleh ilmuwan inggris.

Dengan komputer perang dunia dapat diselesaikan lebih cepat beberapa tahun, sekarang ini komputer menjadi salah satu alat bantuk manusia modern untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari, smartphone yang kita pakai juga sejatinya adalah komputer.

Pada kesempatan ini Jooinfoo akan berbagi informasi mengenai perangkat perangkat yang ada pada komputer beserta fungsi dan jenisnya:

26+ Macam Perangkat Komputer, Pengertian Dan Fungsinya Lengkap


1. Processor



Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.

Pada dasarnya, processor berfungsi untuk memproses inputan data menjadi keluaran berupa output. Processor sendiri terletak pada motherboard. Terdapat tiga bagian penting dari processor, yaitu Arithmatics Logical Unit (ALU) yang berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika sesuai instruksi program, Control Unit (pengatur input dan output data), serta Memory Unit (alat penyimpan data).

2. Motherboard


Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain sebagainya. Dalam istilah bahasa Indonesia, motherboard diterjemahkan sebagai ‘papan induk’, atau sering juga disingkat menjadi mobo.

Motherboard sendiri terdiri dari berbagai macam komponen, seperti konektor power, slot prosesor, north bridge controller, dan socket memori. Motherboard memiliki bentuk seperti papan sirkuit elektronik yang berguna sebagai tempat lalu-lintas data. Dengan adanya motherboard, semua perangkat dalam komputer saling terhubung dan dapat bekerjasama sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.

3.  Hardisk


HDD yaitu suatu perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang fungsinya unutk memperbesar kapasitas data yang bisa ditampung oleh hard disk tersebut.

Fungsinya: menyimpan data secara permanen. Hal itu berarti data akan tetap ada meski komputer mati (kecuali anda menghapus atau data/file terkena virus).

4. PC Cooler/ Heatsink


PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Agar proses mendinginkan panas yang dihasilkan komputer bisa berlangsung secara optimal, heatsink harus dipasang di atas processor, kemudian juga diberikan gel atau pasta agar heatsink ini bisa menempel dengan baik.

Biasanya, heatsink juga dilengkapi dengan kipas yang mempercepat proses pendinginan. Pada perangkat komputer, heatsink yang digunakan biasanya berbahan aluminium yang memiliki konduktivitas panas tinggi sehingga cepat mendinginkan perangkat. Mengingat panas pada komputer dapat merusak hardware lain di dalamnya, maka peranan heatsink ini sangatlah penting.



5. Monitor

Pengertian: perangkat keras eksternal yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sebagai informasi yang dapat diterima oleh manusia.


Monitor terdiri dari sirkuit, catu daya, tombol untuk menyesuaikan pengaturan layar, dan casing untuk menampung semua komponen tersebut.
LCD dan LED menjadi monitor yang banyak digunakan pada zaman sekarang. Berikut keunggulan dari penggunaan LCD dan LED:
Tidak memakan banyak tempat
Hemat daya
Mempunyai kualitas gambar yang baik
Mendukung layar monitor yang lebih lebar


6. SSD


SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu harddisk. SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD juga memiliki fungsi yang sama seperti hard disk, namun sedikit berbeda dengan hard disk. Data pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip tersebut memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD). Dalam segi harga, SSD lebih mahal daripada HDD meskipun dengan kapasitas yang sama.

Dibandingkan dengan HDD, SSD memiliki kelebihan berupa akses yang lebih cepat, lebih tahan terhadap guncangan, serta tidak mudah panas. Hanya saja, harganya lebih mahal, sebanding dengan kelebihan yang didapat dan biasanya SSD memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar. Untuk Anda yang mengutamakan kapasitas besar, pilihlah komputer dengan fasilitas penyimpan HDD. Namun jika Anda lebih mementingkan perlindungan data dari guncangan, komputer dengan media penyimpanan SSD dapat dipertimbangkan.


7. VGA Card


VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit). Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer maupun designer. Ada beberapa jenis VGA Card yang bergantung pada slot yang tersedia pada motherboard:

  1. VGA Card ISA : memiliki bentuk lebih panjang dari VGA lainnya, banyak digunakan motherboard tipe lama dengan kapasitas sangat kecil. Digunakan komputer sebelum seri pentium.
  2. VGA Card PCI : versi lebih baru dari ISA, digunakan komputer pentium keluaran awal seperti pentium II, III, dan beberapa IV tipe lama.
  3. VGA Card AGP : memiliki kapasitas yang sudah lumayan besar (128 MB, 256 MB, dsb)
  4. VGA Card PCI Express : dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu PCI Express 16x (bandwith maksimal 4000 MB/s) dan PCI Express 1x (bandwith maksimal 250 MB/s) 


8. Optical Drive


Optical drive merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, seperti : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.

Kecepatan untuk melakukan transfer data pada optical drive disimbolkan dengan ‘x’. Misalnya saja, untuk CD-RW, ada 3 kelompok angka yang digunakan untuk memberi info kecepatan transfer data, seperti contohnya 48x, 32x, 52x. Tiga angka tersebut menunjukkan kecepatan untuk hal yang berbeda, 48x yang terletak paling depan menunjukkan kecepatan menulis/merekam data, 32x yang berada di tengah menunjukkan kecepatan memformat ulang (register write), sementara 52x menunjukkan kecepatan pembacaan.


9. Power Supply


Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply bisa dibilang jantung komputer, jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.

Jarang orang memperhatikan perangkat keras yang satu ini karena posisinya tertutup casing, namun power supply atau PSU merupakan komponen yang mempengaruhi performa keseluruhan dan daya tahan sistem komputer.

Jika power supply tidak bekerja dengan baik, maka akibatnya komputer bisa menjadi tidak stabil atau bahkan rusak karenanya. Pilihlah power supply yang sesuai dengan kebutuhan watt komputer Anda, pastikan juga power supply bukan barang bekas, karena komponen elektronik memiliki waktu terbatas, bisa jadi jika membeli bekas, waktu hidupnya tinggal sebentar saja.


10. RAM


RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.

Dengan menggunakan RAM, pengguna komputer dapat menulis dan membaca data dalam waktu bersamaan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih RAM. Pilihlah RAM dengan kapasitas besar, karena semakin besar kapasitasnya,semakin cepat pula sebuah komputer melaksanakan perintah yang diberikan.

Saat ini, kapasitas minimal yang harus Anda miliki adalah RAM sebesar  2GB (untuk komputer & laptop), di masa mendatang pun perangkat lunak semakin berkembang dan membutuhkan kapasitas memori yang semakin besar. Pilih juga RAM yang menawarkan garansi seumur hidup (lifetime).


11. Keyboard


Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan angka. Terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.

Keyboard QWERTY : Tata letak huruf-huruf pada keyboard ini ditemukan pertama kali pada tahun 1878. Keyboard QWERTY menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. Hingga saat ini, paling banyak komputer pun menggunakan keyboard QWERTY.
Keyboard DVORAK : Ditemukan pada tahun 1932, dengan susunan lebih menekankan jari bagian kanan yang lebih banyak bekerja, sehingga mengurangi kelelahan saat pengetikan.
Keyboard KLOCKENBERG : Keyboard yang terpisah antara bagian kiri dan bagian kanannya. Kedua keyboard terpisah dengan sudut kira-kira 15 derajat yang tujuannya untuk membuat nyaman penggunanya.
Keyboard Alphabetic : Disusun dengan urutan alfabet secara teratur A-Z.
Keyboard Numeric : Untuk memasukkan data angka dalam jumlah besar sehingga lebih nyaman. Pada keyboard komputer, terdapat di bagian kanan, sering digunakan misalnya pada komputer kasir.
12. Mouse
mouse

Seperti halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai alat input. Mouse berfungsi menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai seekor tikus. Seringkali mouse juga disebut dengan istilah ‘tetikus’ dalam bahasa Indonesia. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, diantaranya adalah : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.

Douglas Engelbart adalah orang yang pertama kali mengembangkan mouse yang dibuat dari kayu dengan satu tombol. Selanjutnya pada tahun 1970 mouse kembali dikembangkan olehnya menjadi mouse yang dapat mengindikasikan posisi X-Y pada layar. Mouse memiliki banyak fungsi, diantaranya untuk menginput dan memberikan perintah pada komputer, sebagai penggerak pointer atau kursor ke layar komputer, untuk memperbesar atau memperkecil tampilan layar, untuk menggulirkan (scroll) halaman pada layar, dan lain sebagainya.

12. Printer

Pengertian: perangkat keras untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik dalam bentuk kertas, gambar ataupun grafik.

Fungsi: untuk menampilkan cetakan dokumen, menggandakan dokumen, memindai dokumen serta untuk mengirim data (fax).

Info: terdapat beberapa macam printer yaitu printer inkjet, printer laserjet, printer dotmatrik, printer daisy wheel, priter chain, printer drum.


13. Optical Drive


Pengertian: perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan.

Info: beberapa jenis dari optical drive, diantranya: CD-ROM (Compact Disk – Read Only Memory), CD-RW (Compact Disk – Rewritable) , DVD ROM (Digital Video Disk – Read Only Memory), DVD Combo, DVD RW.


14. Scanner


Pengertian: alat yang berfungsi sebagai alat pemindai atau menduplikat dokumen maupun objek secara digital dan kemudian disimpan ke dalam komputer.

Fungsi: mengubah data analog (kertas) menjadi data yang berwujud digital.

Info: Pada umumnya, scanner terdiri atas beberapa bentuk, diantranya yaitu: scanner drum dan scanner flatbed.


15. Modem


Pengertian: sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

Fungsi:

Mengubah sinyal digital menjadi sinyal digital.
Info: Terdapat beberapa jenis modem. Diantaranya: modem wireless, modem USB stick, dan modem yang mempunyai fungsi sebagai access point atau bahkan sebagai router.


16. Flashdisk


Pengertian: perangkat penyimpanan yang mudah untuk dibawa kemana-mana.

Fungsi:

sebagai perangkat masukan untuk input data ke kompute.
menggantikan fungsi disket.


17. Speaker

Pengertian: perangkat yang terhubung ke dalam komputer yang berfungsi sebagai penghasil suara.

Info: Bagian yang terdapat di dalam speaker:

Sekat rongga (conus)
Fungsi: menghasilkan gelombang tekanan yang dihasilkan oleh gerakan udara dan diolah menjadi suara.

Membran
Fungsi: menerima proses induksi yang berasal dari magnet untuk menghasilkan bunyi yang berasal dari getaran.

Magnet
Fungsi: menghasilkan medan magnet untuk melakukan proses induksi yang asalnya dari membran.

Kumparan
Fungsi: menyalurkan energi gerak yang dihasilkan oleh perubahan yang terjadi dalam medan magnet menuju conus.

Casing
Fungsi: melindungi semua komponen vital yang ada di dalam speaker.


18. Trackball

Pengertian: perangkat keras yang berfungsi sebagai alat penunjuk. Trackball berwujud sebuah bola yang mempunyai sensor untuk mendeteksi gerakan.

19. Lightpen

Fungsi: memodifikasi dan mendesain gambar dengan menggunakan screen atau monitor.


20. Barcode Scanner

Pengertian: alat yang berwujud gagangan & berisikan laser pada ujung yang lebar dengan warna merah untuk memindai barcode.

Fungsi: memindai barcode untuk mempermudah kasir dalam menghitung total belanjaan serta mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

Info: barcode merupakan garis-garis yang biasanya terdapat dalam kemasan pada sebuah produk.


21. Digitizer


Pengertian: perangkat keras masukan.

Fungsi: merubah perangkat ataupun data analog menjadi data digital.

22. CD ROM/DVD ROM

Pengertian: perangkat penyimpanan.

Fungsi: sebagai perangkat masukan untuk memasukan data ke komputer serta datanya tidak bisa langsung digunakan tanpa menggunakan software tertentu.

23. Touchpad

Pengertian: suatu alat penunjuk untuk menampilkan sensor pada permukaan khusus yang bisa menterjemahkan gerakan jari-jari pengguna (user) ke posisi yang di inginkan dalam layar monitor.


24. UPS

Uninterruptible Power Supply (UPS) merupakan perangkat keras yang berguna untuk menyimpan arus listrik dan kemudian mengalirkannya pada perangkat komputer secara kontinu. UPS sangat berguna untuk mereka yang menggunakan komputer untuk bekerja. Dengan alat ini, jika seandainya listrik mati tiba-tiba, komputer akan tetap menyala dalam beberapa waktu sehingga memungkinkan penggunanya untuk menyimpan hasil pekerjaan.

Selain itu, UPS juga berfungsi untuk menjaga agar komponen perangkat keras komputer tidak mudah rusak. Listrik yang mati tiba-tiba akan menyebabkan aliran arus ke komputer terputus, sehingga komputer mati secara langsung. Komputer yang sering mati dengan cara ini akan lebih rentan terhadap kerusakan, terutama kerusakan di bagian harddisk dan perangkat


25. Network Card

Pengertian: perangkat keras yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer server dengan komputer client.


26. Heatsink (Kipas Pendingin)

Pengertian: hardware yang memiliki fungsi sebagai pembantu proses pendinginan kepada processor supaya  komputer berjalan lebih stabil.


27. ROM (Read Only Memory)

Pengertian: media penyimpanan yang berfungsi hanya untuk membaca data saja dan bersifat permanen.

Baca Juga :

Sekian semoga artikel  mengenai : 26+ Macam Perangkat Komputer, Pengertian Dan Fungsinya Lengkap, dapat beranfaat bagi kalian yang sedang mendalami ilmu komputer atau hanya ingin menambah wawasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel