√ Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Web Server Lengkap Penjelasannya

√ Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Web Server Lengkap Penjelasannya
√ Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Web Server Lengkap Penjelasannya
Jooinfoo.com - Halo sobat jooinfoo, buat kamu yang sedang belajar atau mendapatkan tugas mengenai web server, maka artikel ini sangat cocok untuk kamu pelajari. Pada kesempatan ini jooinfoo akan berbagi mengenai pengertian, fungsi dan bagaimana cara kerja web server.

Pengertian Web Server

Web Server yaitu aplikasi layanan data yang digunakan untuk menerima data atau informasi dari HTTP atau HTTPS pada client. Dan setelah itu kita mengirimkan kembali, namun bentuknya berupa sebuah dokumen berbasis HTML.

Fungsi Web Server

Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi.

Contoh Web Server yang sering digunakan adalah Apache, berikut kelebihan menggunakan web server Apache :
  1. Apache termasuk dalam kategori freeware.
  2. Mudah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya.
  3. Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi.
  4. Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya empat file konfigurasi.
  5. Apache mudah sekali proses instalasinya.

Contoh Web Server

Berikut adalah contoh-contoh web server :
  1. Apache Web Server / The HTTP Web Server
  2. Microsoft windows Server 2008 IIS (Internet Information Services)
  3. Lighttpd
  4. Zeus Web Server
  5. Sun Java System Web Server
  6. Apache Tomcat

Cara Kerja Web Server

cara kerja web server
cara kerja web server 
Dalam protokol HTTP, web server berperan sebagai pihak server, sementara web browser berperan sebagai pihak klien. Saat seorang pengguna internet memasukkan sebuah alamat website melalui browser tertentu (IE, Chrome, atau Firefox), maka selanjutnya browser akan memproses permintaan tersebut dengan mengirimkannya ke web server sesuai alamat yang diminta, kemudian menunggu hasilnya untuk beberapa saat. 

Jika ternyata yang diminta oleh pengguna adalah sebuah dokumen, maka web server akan langsung mengirimkan dokumen tersebut ke browser yang digunakan. Namun jika dokumen yang diminta mengandung program server side, selanjutnya web server akan menjalankan program server side tersebut dan mengirimkan hasilnya dalam bentuk HTML.

Itulah pengertian, fungsi, contoh dan bagaimana kerja web server. Ikuti terus website jooinfoo untuk mendapatkan artikel dan tutorial menarik lainnya ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel