√ Jelaskan Perkembangan Islam di 6 Negara-Negara Asia

Berbicara tentang sejarah dan perkembangan Agama Islam Pastinya anda penasaran bagaimanan dan proses perkembangan - perkembangannya khusunya di negara negara  di Benua Asia Khususnya ya  di negara tercinta kita ini Indonesia.

Nah Pada Kesmpatan ini Jooinfoo akan berbagi informasi mengenai sejarah dan perkembangan perkembangan islam 6 negara negara asia secara lengkap dan padat.

Berikut tentang  Perkembangan Islam di 6 Negara-negara Asia  semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semuda dan dapat bermanfaat untuk kita semua amiin:

http://www.jooinfoo.com/2019/10/perkembangan-islam-di-asia.html


1. Jepang

Awal masuk dan berkembangnya islam di negara sakura ini yaitu perdagangan atau perniagaan. Banyak orang asing yang beragaama islam mulai berdatngan ke negeri jepang. Sejak berdirinya negara muslim berdiri  sebaian besar adalah seorang pelaut melayu yang melayani kapal belanda dan Inggris sejak saat itu islam mulai menyebar di negara Jepang. etnis Jepang masuk islam pada wala abad ke 20 an.

2. Malaysia

Pada awalnya negara Malaysia adalah kerajaan Federal di Asia Tenggara yangbterletak di semenanjung Malaka dan sebagian wilayahnya di kalimantan timur. yandg mayoritas penduduknya adalah muslim  dan konstitusi sebagai agama resmi negara malaysia. Sehinga syariat islam di tegakan dengan baik dan benar. Muncul dan Tesebarnya agama islam di negara malaysia berkat para pedagang yang memiliki semangat yang tinggi dalam menyiarkan dan menyebarkan agama islam dari Arab ke Malaka yang saat itu sebagai pusat perdagangan. karena memang jaur perdagangan . Merupakan salah satu modal yang efektif mengembangkan dan menyiarkan ajaran islam.

3. Indonesia

Islam masuk ke Indonesia pada awal tahun hijriyah atau sekitar tahun 7 masehi. Hal ini diyakini bahwa islam masuk ke Indonesia pada saat Khulafaur Rasyidin (Masa Pemerintahan Abu Bakar Assidiq, Umar Bin Khatab, Usman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib).  Disebarkan langsung dari kota Madinah Islam Masuk Ke Indonesia dengan jalan damai.
Islam masuk dan berkembang  de Indonesia melalui :

  • Perdagangan
  • Kesenian
  • Pendidikan Pesantren
  • Kekuasaan Politik

4. Filipina

Hampir semua silsilah negara Filipina berasal dari Raja Sipat. Pada masa di pemerintahan di pulau jolo. Datanglah seorang muslim bernama Tuanku Masha'ika datang ke suatu tempat bernama maimbung  (Bagian selatan pulau jolo). di temukan sebuah batu nisan di pulau tesebutatas nama Masha'ika di bertuliskan tahun 1310 tidak jauh dari pulau tersebut. Penemuan batu inilah yang dijadikan salah satu bukti arkeologis masuk  dan perkembangnya islam di negara Filipina.

5. Brunei Darusalam

Islam masuk dan perkembang di Brunei Darusalam diperkirakan pada tahun 977 masehi.  
Melalui jalur timur tenggara yang disebarkan oleh para pedagang muslim daru negara Cina. Semenjak Raja Alan Betatar (1406-1408 Masehi) Masuk Islam. Kemudian Islam di jadikan Agama Resmi di Negara Tersebut dan nama Raja diganti menjadi Muahamad Syai. Brunei Darussalam Merdeka pada tanggal 1 januari 1984 dari jajahan inggris kurang lebih 400 tahun dalam proklamasi tersebut menyebutkan: "Negara Brunei Darussalam Akan selamanya menjadi Negara Islam".

6.Singapura

Pada Awal Abad ke 19 penduduk islam di Negara Singapura bertambah banyak  hal ini tidak terlepas dari peran seorang mubaligh sufi Fladimaroud dari Yaman. Danfaktor lainnya yaitu pada saat itu singapura adalah pusat perdagangan sehingga banyak pedagang islam yang datang dan meyebarkan islam di Negara Singapura.

Sekian mengenai Sejarah singkat berkembangnya Agama Islam di Negara Negara Asia. semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang proses perkembangan islam di beberapa negara negar di asia.
Kunjungi terus Jooinfoo untuk informasi dan wawasan menarik lainnya.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel