√ 11 Fakta Unik Indonesia Dimata Dunia Terbaik

Berbicara tentang Indonesia, Indonesia adalah negara yang sangat unik dengan berbagai ciri dan khasnya, sebut saja Indoensia adalah negara paru-paru dunia setelah Brazil, Indonesia sendiri lahir dan diakui dunia pada tahun 1945 setelah mengalami penjajahan selama 3.5 abad dan 3.5 tahun.

Oran-orang Indonesia juga terdiri dari banyak suku dan agama yang dipisahkan oleh lautan dan selat. Dan hal itu tidak membuat Indonesia tercerai berai malah perbedaan tersebut yang menjadikan Indonesia semakin solid, sesuai dengan slogan negara kita "Bhineka Tunggal Ika", berbeda-beda tetap satu juga.

Pada artikel ini Jooinfoo akan berbagi Jurnal dan Informasi, mengenai : 11 Fakta Unik Indonesia Dimata Dunia Terbaik.

11 Fakta Unik Indonesia Dimata Dunia Terbaik 


http://www.jooinfoo.com/2019/11/11-fakta-unik-indonesia-dimata-dunia.html
11 Fakta Unik Indonesia Dimata Dunia

1. Hutan Terbanyak

http://www.jooinfoo.com/2019/11/11-fakta-unik-indonesia-dimata-dunia.html
Dunia telah mengakui bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat banyak dan beragam Hutan dengan luas 39.549.447 hektar di pulau sumatera, kalimantan, Dan sulawesi terdapat keanekaragaman hayati dan plasma nutfah terlengkap di dunia, jika hutan tersebut hilang maka bumi akan hancur karena bumi sangat tergantung pada hutan tropis untuk menjaga keseimbangan iklim selain ditopang oleh hutan hujan yang ada di amazon. Hal itu membuktikan bahwa bumi dan kelangsungan hidup seluruh makhluk di dunia bergantung pada Indonesia, selain itu Indonesia juga memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman bakau bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut atau abrasi.

2. Negara Denga Suku Terbanyak

Seperti yang kita tahu, suku di Indonesia juga banyak banget. Ada sekitar 740 suku yang berdampingan dan hidup rukun di bawah bendera merah putih.

3. Binatang Purba

http://www.jooinfoo.com/2019/11/11-fakta-unik-indonesia-dimata-dunia.html

 

Selanjutnya adalah fakta bahwa banyak peninggalan purbakala yang ternyata ada di Indonesia. Di dunia fauna ada komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia dan peninggalan hewan purba dan komodo hanya ada di Indonesia tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Kini kepopuleran komodo terutama setelah terpilih menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia semakin mendunia. Di temukannya fosil manusia purba tertua di dunia yang diperkirakan berasal dari 1.8 juta tahun yang lalu. Fosil yang disebut phitecantrophus erectus itu ditemukan di Jawa Tengah.

4. Kopi Termahal Di Dunia

Kopi merupakan minuman yang banyak di sukai di seluruh dunia. Dan kopi yang diakui dunia sebagai kopi terbaik karena rasanya yang enak sekaligus menjadi kopi termahal adalah kopi luwak. Brazil boleh menjadi negara penghasil kopi terbesar sementara Indonesia berada  di posisi ketiga, tetapi kopi luwak kopi yang dihasilkan bersama kotoran oleh musang ini asli berasal dari Indonesia. Walaupun mahal, kopi fenomenal itu banyak di cari terutama oleh penikmat kopi.

5. Kekayaan Laut

Kekayaan alam laut Indonesia ternyata juga luar biasa. Kekayaan itu antara lain adalah terdapatnya spesies ikan hiu terbanyak di dunia yaitu sekitar 150 spesies, terdapatnya ikan terkecil di dunia tepatnya di Sumatera yang panjang tubuhnya 7.9 mm, transparan, dan tidak bertulang kepala. Indonesia juga memiliki gugusan terumbu karang terbanyak dan terindah yang di sebut segitiga coral, namun 65% dari 75.000 km² segitiga coral itu ada  di Indonesia. Itulah sebabnya Indonesia menyumbang 18% terumbu karang bagi perairan dunia.

6. Negara Kepulauan Terbanyak

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Terdapat 17.504 pulau dimana 9.634 pulau belum diberi nama dan 6 ribu pulau tidak berpenghuni. Yang semakin membanggakan adalah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia ada di Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Selain sebagai negara kepulauan, Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim terbesar di dunia. Bayangkan saja, luas perairan Indonesia mencapai 93.000 km dan panjang pantai sekitar 81 ribu km² atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

7. Api Dunia

Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif. Sebagian dari gunung berapi terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire). Terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia.

8. Semenanjung Pantai Terpanjang No 2 Di Dunia

Tak hanya memiliki ribuan pulau yang tersebar, ternyata Indonesia juga memiliki garis pantai yang sangat panjang. Bahkan masuk dalam lima besar sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.
Dilansir Antara, Indonesia memiliki garis pantai terpanjang nomor dua di dunia, setelah Kanada. Panjangnya mencapai 99.093 km, setelah sebelumnya hanya 91 ribu km.

Bertambahnya panjang garis pantai ini karena Badan Informasi Geospasial memetakan seluruh pesisir menggunakan skala yang lebih detail dan besar. Yaitu dengan skala 1:25.000 untuk Jawa dan Bali, 1:50.000 untuk Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

9. Gunung Api Terbanyak Ke-3 di Dunia

Bagi kamu seorang yang suka mendaki gunung, pastinya kamu takjub dengan pemandangan yang di temui setelah sampai di puncak gunung.

Deretan gunung yang terhampar dari Sabang hingga Marauke membuat Indonesia menjadi negara ketiga dengan gunung api terbanyak di dunia. Sementara di posisi pertama dan kedua dipegang oleh Amerika Serikat dan Rusia, menurut National Museum of Natural History's Global Volcanism Program.

10. Wisata yang Masuk Daftar Situs Warisan Dunia

http://www.jooinfoo.com/2019/11/11-fakta-unik-indonesia-dimata-dunia.html

 

Dengan kekayaan alam yang dimiliki, wajar saja banyak tempat wisata yang dianugerahi panorama cantik dan kaya. Maka dari itu, tak heran jika ada tempat wisata yang masuk daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.
Misalnya Taman Nasional Ujung Kulon di Banten yang diakui sejak 1991. Ada pula Candi Borobudur yang namanya sudah mendunia dan selalu dipenuhi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

11. Memiliki Pulau Terbesar Di Dunia

 
http://www.jooinfoo.com/2019/11/11-fakta-unik-indonesia-dimata-dunia.html

Indonesia memiliki 3 Pulau terbesar di Dunia dari 6 Terbesar di Dunia, pulau itu yaitu : Papua, Kalimantan dan Sumatra.

Baca Juga :


Sekian Daftar 11 Fakta Unik Indonesia Dimata Dunia Terbaik, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah kecintaan terhadap Indonesia dan memanfaatkan segala kapasitas yang telah Tuhan anugerahkan terdahap Bangsa Indonesia dan menjadikan Indonesia negara yang diperhitungkan dan bermanfaat bagi Dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel