Kumpulan Fakta Menarik Kota Jogja Wajib Kamu Tahu

Kumpulan Fakta Menarik Kota Jogja Wajib Kamu Tahu
Kumpulan Fakta Menarik Kota Jogja Wajib Kamu Tahu
Jooinfoo.com - Halo sobat jooinfoo, pernahkah kamu mengunjungi kota yang satu ini ? Kota ini disebut sebagai daerah yang istimewa di Indonesia, terkenal sebagai kota pelajar karena banyaknya yang belajar dikota ini mulai dari sekolah tk sampai perguruan tinggi dan pendatang dari seluruh Indonesia. Kota ini memiliki nama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), buat kamu ingin berkunjung ke kota ini yuk simak dahulu beberapa fakta menarik mengenai kota Jogja.

Berikut daftarnya :

1. Yogyakarta meruakan ibukota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sekaligus tempat pendudukan bagi Sultan Yogyakarta dan Adipati Pakualam.

2. Yogyakarta pernah menjadi ibu kota Indonesia pada tanggal 4 Januari 1946 ketika Pemerintah Republik Indonesia memindahkan ibu kotanya dari Jakarta setelah Belanda dengan Sekutu melancarkan serangan ke Indonesia.

3. Yogyakarta terletak di lembah tiga sungai, yaitu Sungai Winongo, Sungai Code (yang membelah kota dan kebudayaan menjadi dua), dan Sungai Gajahwong.

4. Jika dilihat dari Jakarta, kota ini berjarak 600 kilometer dan 65 kilometer dari Surakarta.

5. Stasiun Lempuyangan selesai dibangun pada tahun 1872.

6. Stasiun Yogyakarta (Tugu) mulai beroperasi pada tanggal 2 Mei 1887.

7. Tanggal 7 Oktober 1756 yang merupakan tanggal wisuda dari keraton yang dibangun oleh Pangeran Mangkubumi kini dijadikan sebagai hari jadi Kota Yogyakarta

8. Kotagede merupakan cikal bakal kota Yogyakarta.

9. Nama “Yogyakarta” sendiri diambil dari dua kata, yaitu “Ayogya” atau “Ayodhya” yang berarti “kedamaian” atau “tanpa perang”, dan “Karta” yang berarti “baik”.

10. Pada tahun 1575 hingga 1640, Kotagede, salah satu kecamatan di Yogyakarta, pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram.

11. Yogyakarta meruakan ibukota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sekaligus tempat pendudukan bagi Sultan Yogyakarta dan Adipati Pakualam.

12. Tidak ada transportasi air di kota ini karena Yogyakarta memiliki jarak yang cukup jauh dari laut, yaitu sekitar 27 hingga 30 kilometer.

13. Salah satu yang menjadikan Yogyakarta salah satu kota wisata adalah lokasinya yang strategis. Yogyakarta terletak di jalur-jalur utama, yaitu Jalan Lintas Selatan yang menghubungkan Yogyakarta, Bandung, Surakarta, Surabaya, dan kota-kota di selatan Jawa, serta jalur Yoyakarta Semarang yang menghubungkan Yogyakarta, Magelang, Semarang, dan kota-kota di lintang tengah Pulau Jawa.

14. Sebagai kota yang tidak mengenal istilah angkutan kota seperti angkot dan armada minubus, Yogyakarta melayani masyarakatnya dedngan menyediakan sejumlah bus kota.

15. Untuk mencapai Yogyakarta dengan menggunakan tranportasi udara, Anda akan dilayani oleh Bandara Internasional Adisutjipto dan Yogyakarta International Airport

16. Beberapa perguruan tinggi negeri yang ada di Yogyakarta, yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

17. Kota yang dikenal sebagai kota pelajar ini memiliki 137 perguruan tinggi dengan 20% penduduk produktifnya merupakan pelajar.

18. Muhammadiyah berpusat di Yogyakarta.

19. PSIM, perkumpulan sepak bola lokal Yogyakarta, didirikan pada tanggal 5 September 1929 dengan nama Perserikatan Sepak Raga Mataram.

20. Pasar Beringharjo, sejak keraton berdiri hingga sekarang, dikenal sebagai tempat transaksi dagang.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai kota Jogja, ikuti terus website jooinfoo untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan menarik lainnya. Semoga bermanfaat ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel