7 Fakta Menarik Kota Jakarta Perlu Diketahui

Fakta Menarik Kota Jakarta Perlu Diketahui
7 Fakta Menarik Kota Jakarta Perlu Diketahui
Jooinfoo.com - Halo sobat jooinfoo, siapa yang belum pernah main ke Jakarta nih ? Kota yang dikenal dengan kota Metropolitan dan menjadi ibukota negara ini termasuk kota yang padat penduduk. Pada kesempatan ini jooinfoo akan berbagi info mengenai fakta menarik mengenai kota Jakarta yang perlu diketahui.

Apa saja faktanya ? Yuk simak fakta kota jakarta berikut.

1. Lambang Garuda diperkenalkan pertama di Jakarta

Hotel Des Indes adalah tempat kali pertama diperkenalkannya lambang burung garuda oleh Presiden Soekarno kepada khalayak umum pada tahun 1950. Hotel ini terletak di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Sayangnya, pada tahun 1971, hotel bersejarah ini dihancurkan oleh pihak swasta atas izin pemerintah pusat Orde Baru demi pembangunan pusat perbelanjaan Duta Merlin.

2. Stadion terbesar ada di Indonesia ada di Jakarta, yaitu Stadion Gelora Bung Karno

Beberapa bangunan dan tempat terbesar di dunia ternyata ada di Jakarta. Ketika selesai dibangun pada tahun 1962, Stadion Senayan atau Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan satu di antara stadion terbesar di seluruh dunia dengan kapasitas awal sekitar 100.000 orang.

3. Kota paling banyak pendatang dan terbanyak untuk merantau

Di balik kesemrawutannya, Jakarta menyimpan potensi ekonomi dan infrastruktur tersembunyi. Kendati kota padat penduduk, Jakarta merupakan kota yang paling diincar untuk investasi properti daripada Shanghai, Kuala Lumpur, maupun Singapura.

4. Jakarta sudah 10 kali berganti nama

Sebelum dikenal dengan nama Jakarta, kota ini sudah berganti nama sebanyak 10 kali. Jakarta pertama kali dikenal sebagai Sunda Kelapa. Selanjutnya, Jakarta berganti nama secara berkelanjutan dari mulai Sta Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gemente Batavia. Saat zaman pendudukan Jepang, Jakarta berganti nama menjadi Betshu Shi. Lalu, berganti lagi menjadi Jakarta Toko. Setelah meraih kemerdekaan, secara berturut-turut, Jakarta berganti nama menjadi Jakarta, Kota Praja Jakarta, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, dan sampai akhirnya memakai nama yang dipakai sekarang.

5. Lambang DKI Jakarta dibuat oleh Gubernur Ke-6

Lambang DKI Jakarta yang kita kenal sekarang ini dibuat oleh Gubernur ke- 6 Jakarta yang bernama Henk Ngantung. Sebelum menjadi Gubernur Jakarta, Henk Ngantung yang bernama asli Hendrik Hermanus Joel Ngantung dikenal sebagai pelukis tanpa pendidikan formal.

6. Kota terbanyak dengan gedung pencakar langit di Indonesia

Kota Jakarta merupakan kota yang memiliki gedung pencakar langit terbanyak di Indonesia, bahkan pernah tercatat menduduki peringkat ke 17 dunia.

7. Memiliki Stasiun MRT

Jakarta merupakan kota yang sudah menggunakan kereta cepat MRT, dan saat ini baru ada di kota wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Itulah 7 fakta menarik seputar kota Jakarta yang perlu diketahui, ikuti terus jooinfoo untuk mendapatkan informasi dan artikel menarik lainnya ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel