7 Manfaat Luar Biasa Buah Pisang Bagi Kesehatan

Pisang merupakan buah yang sangat mudah tumbuh di lingkungan tropis seperti negara kita Indonesia. Harga buah pisang di pasaran juga relatif terjangkau untuk di beli pleh masyarakat. Pada kesempatan ini Jooinfoo akan berbagi Informasi mengani manfaat pisang yang sangat luar biasa bagi tubuh manusia. Apa saja itu ? baca ulasan di bawah ini.

7 Manfaat Luar Biasa Pisang Bagi Kesehatan

 
7 Manfaat Luar Biasa Pisang Bagi Kesehatan

1. Pisang memperbaiki pencernaan

Pisang mengandung serat, baik larut dan tidak larut. Serat merupakan nutrisi penting dalam tubuh karena dapat membantu mengatur kecepatan pencernaan, berjalan lebih pelan. Pisang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan juga dapat membantu masalah sembelit.

Tidak heran pisang sering dimasukkan dalam makan pagi. Pisang dapat membantu Anda memulai hari dengan lebih berenergi lebih lama.


2. Meningkatkan Fungsi Saraf dan Daya Otak

Kandungan kalium pada pisang, memberikan stimulan pada otak. Pada bayi yang baru memulai memakan makanan padat, pisang menjadi pilihan yang baik karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.


3.  Membantu Mengobati Sakit Maag

Khasiat buah pisang yang lain adalah buah ini memiliki kandungan zat penangkal asam dalam lambung sehingga dapat meredakan maag. Zat yang dikenal sebagai protease inhibitor ini berfungsi membantu menyingkirkan bakteri di lambung yang menghasilkan sakit maag. 


4. Pisang meningkatkan kesehatan jantung

Asupan makanan yang tinggi serat, baik khasiatnya untuk jantung. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari kedua penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK).

Asupan diet sehat dan seimbang akan memberikan asupan vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh, dengan satu atau dua pisang dapat menambahkan 4 gram serat per buah.


5. Mengobati Diare

Saus apel dan pisang merupakan jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk penderita diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar ketika diare dan efeknya membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah.

Pisang mentah bersifat astringent dan efektif dalam mengobati diare. Zat ini berfungsi untuk mengentalkan dan memadatkan feses sehingga tubuh tidak kehilangan banyak cairan.


6. Membantu Mengatasi Anemia

Ada juga khasiat buah pisang lainnya yang tak disangka-sangka yaitu dapat mencegah sekaligus membantu mengatasi anemia. Hal ini dikarenakan, buah pisang mengandung Fe (zat besi). Zat besi sendiri merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Konsumsi 2 buah pisang perhari dapat meningkatkan produksi darah merah yang akan menghindarkan kita dari penyakit kurang darah (anemia).


7. Mencegah Insomnia

Bagi mereka pekerja kantoran atau apapun itu pekerjaannya, mereka biasanya diharuskan bangun pagi-pagi sekali dalam kondisi prima agar dapat menjalankan kewajiban dengan baik.

Tapi terkadang tidak semua orang mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak dan nyaman atau bahkan sulit tidur sampai larut malam sehingga tubuhpun akan lemah keesokan harinya diakibatkan kurang mendapat istirahat yang cukup.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel