7 Manfaat Luar Biasa Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Dengan warna kuning yang menggiurkan lidah dan rasanya yang enak Nanas memiliki banyak sekali manfaar untuk kesehatan tubuh manusia. Buah Nanas kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti vitamin, mineral, gula dan lain sebagainya.

Tanaman tropis ini memiliki aneka jenis buah yang berbeda dengan rasa manis hingga asam menyegarkan.
Manfaat buah nanas bagi kesehatan begitu banyak dan salah satunya disebabkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Kandungan buah nanas di antaranya yaitu antioksidan, vitamin C yang kaya, serta kolagen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Menurut studi medis, konsumsi buah nanas secara rutin dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit scurvy (kegagalan pembentukan osteoid akibat disfungsi kolagen).


7 Manfaat Luar Biasa Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Luar Biasa Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Luar Biasa Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh


1.  Anti radang

Dua zat utama dalam buah nanas yang bekerja efektif bersama-sama mengantisipasi munculnya peradangan dalam tubuh adalah enzim bromelin dan enzim proteolitik. Kedua zat tersebut mengurangi peradangan pemicu kanker atau tumor dalam tubuh. Di samping itu, manfaat nanas adalah sebagai penyembuhan luka secara cepat atau pembengkakan dalam tubuh.


2. Membantu menurunkan kadar lemak

Buah nanas mengandung cukup banyak gula alami yang baik untuk tubuh. Jika Anda lapar dan ingin ngemil sesuatu yang manis, tapi menyehatkan, nanas bisa dijadikan alternatif untuk membuat perut lebih kenyang. Selain itu, khasiat buah nanas juga memicu pembakaran lemak di dalam tubuh berjalan lebih lancar.

3.  Menyehatkan mata

Selain vitamin C yang banyak manfaatnya, nanas juga mengandung vitamin A. Anda yang mengalami masalah pada penglihatan ketika sudah tua, konsumsilah nanas secara rutin dalam bentuk jus atau dimakan secara langsung.

4. Melancarkan pencernaan

Makan nanas segar dalam segala bentuk secara teratur dapat melindungi Anda dari berbagai kondisi kesehatan, termasuk sembelit, diare, sindrom iritasi usus (IBS), aterosklerosis, dan pembekuan darah serta tekanan darah tinggi. Nanas kering tanpa pemanis, kaya serat, mendorong pengalihan makanan melalui saluran pencernaan pada tingkat normal dan menstimulasi pelepasan lambung dan cairan pencernaan untuk membantu makanan larut.

Manfaat buah nanas juga membantu dalam mengobati diare dan IBS. Selanjutnya, bromelain dalam nanas merangsang pencernaan protein, mengurangi peradangan usus sehingga bisa mengobati masalah pencernaan.

5. Mencegah Kanker

Manfaat nanas untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah kanker. Nanas tidak hanya efektif dalam memerangi radikal bebas, tetapi juga dapat menangani kanker. Nanas terbukti efektif melawan kanker prostat berkat kandungan beta karoten-nya.


6. Mengontrol diabetes

Buah nanas mengandung banyak serat, adalah makanan yang bagus untuk penderita diabetes. Bagi mereka yang menderita diabetes tipe 1, ini akan membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Pada penderita diabetes tipe 2, itu menghasilkan peningkatan gula darah, insulin, dan tingkat lipid. Namun, ada sejumlah gula yang hadir, jadi batasi asupan Anda untuk menghindari efek buruk.

7.Manfaat nanas sebagai anti penuaan

Menerapkan masker nanas di wajah dapat mengurangi efek penuaan. Hal ini karena nanas memiliki kandungan asam alpha-hydroxy dan antioksidan yang menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak kulit.


Baca Juga :
7 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan Yang Perlu Kamu Tahu
7 Manfaat Luar Biasa Buah Pisang Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Lengkap

Sekian artikel mengenai 7 Manfaat Luar Biasa Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu dan bisa menjadikan referesni untuk membuat kamu menjadi lebih sehat dan peduli dengan kesehatn mu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel