√ 8 Kata Bijak Imam Ghazali Sang Jenius Muslim Yang Menyejukan Hati

√ 8 Kata Bijak Imam Ghazali Sang Jenius Muslim Yang Menyejukan Hati
√ 8 Kata Bijak Imam Ghazali Sang Jenius Muslim Yang Menyejukan Hati
Jooinfoo.com - Imam Al Ghazali, sebuah nama yang tidak asing di telinga kaum muslimin. Tokoh terkemuka dalam kancah filsafat dan tasawuf. Memiliki pengaruh dan pemikiran yang telah menyebar ke seantero dunia Islam. Ironisnya sejarah dan perjalanan hidupnya masih terasa asing. Kebanyakan kaum muslimin belum mengenalnya.

Berikut adalah daftar kata bijak dan mutiara dari sang jenius muslim, Imam Ghazali yang dapat menyejukan hati.

1. Begitu banyak orang yang merasa begitu puas menghitung biji tasbih setiap kali menyebut nama Allah, tetapi mereka tak punya tasbih untuk menghitung ucapan sia-sia yang tak terbilang banyaknya.

2. Lidah memang sangat kecil dan ringan, tapi ia bisa mengangkatmu ke derajat paling tinggi atau justru menjerumuskanmu ke kedalaman terendah.

3. Nafsu bisa membuat seorang Raja menjadi Budak. Sementara sabar bisa membuat seorang Budak menjadi Raja. – Imam Ghazali

4. Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama-tama kamu harus bisa bersabar dengan apa yang kamu benci.

5. Kebahagiaan adalah ketika seseorang mampu menguasai nafsunya, sementara kesengsaraan adalah ketika seseorang dikuasai oleh nafsunya.

6. Hati manusia tidak akan pernah menyetujui apa yang salah, kecuali hati yang sudah berkarat dengan kemaksiatan sehingga tidak mampu lagi membedakan antara yang benar dan yang salah.

7. Perkataan lembut mampu melunakkan hati yang lebih keras dari batu, sementara perkataan kasar mampu mengeraskan hati yang lebih lembut dari sutra.

8. Barangsiapa mengeluhkan karakter buruk orang lain, berarti ia telah mengungkapkan keburukan karakternya sendiri.

Itulah daftar kata-kata mutiara dari sosok Imam Ghazali, seorang jenius muslim yang karyanya sangat membanggakan dan menjadi sosok yang dapat dicontoh.

Baca juga :
 √ 11 Kata Mutiara Penyejuk Hati Imam Syafi'i
7 Kata Mutiara Imam Hanbali Mutiara Penyejuk Hati

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel