12 Tips Dan Langkah Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Apa Itu Virus Corona?

Dilansir dari World Health Organization (WHO), corona berasal dari virus yang menyebabkan penyakit, mulai dari flu biasa hingga flu yang lebih parah, seperti sindrom pernapasan akut (SARS) dan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS).

Pada awalnya, virus ini ditularkan antara hewan dan manusia. Seperti SARS yang ditransmisikan dari luwak ke manusia, sementara MERS ditularkan ke manusia melalui unta.

Nama virus corona berasal dari Bahasa latin “corona” dan Yunani “korone” yang artinya adalah mahkota atau lingkaran cahaya.

Bagaimana Gelaja Infeksi Corona?

Menurut WHO, gejala infeksi corona adalah demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernapas.
Bahkan, dalam kasus yang lebih parah, virus ini bisa menyebabkan pneumonia, kegagalan banyak organ dan kematian.

Perkiraan masa inkubasi virus ini antara terinfeksi dan timbulnya gejala berkisar antara satu hingga 14 hari. Sampai saat ini, kebanyakan orang yang terinfeksi menunjukkan gejala dalam lima hingga enam hari.

Namun, terdapat juga pasien yang terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun. Artinya mereka tidak menunjukkan gejala yang telah disebutkan sebelumnya meskipun mereka memiliki virus pada sistem tubuh.

Bagaimana Virus Corona Menyebar?

nfeksi virus Corona atau COVID-19 disebabkan oleh coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada sebagian besar kasus, coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa virus Corona juga menular dari manusia ke manusia.

Seseorang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:

  1. Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19
  2. Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19
  3. Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan


Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

12 Tips Dan Langkah Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

http://www.jooinfoo.com/2020/03/12-tips-dan-langkah-mencegah-virus-corona.html
12 Tips Dan Langkah Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

1. Mencuci Tangan Dengan Sabun 

Ketika anda keluar runah dan kebanyakan orang tanpa sadar memegang sesuatu, seperti gagang pintu, gagang kendaraan umur dan lain sebagainya, jadi jika anda keluar rumah entah untuk bekerja, membeli makanan dan sebagainya pastikan anda mencuci sabun kurang lebih 10 - 15 detik. Karena virus corona akan mudah mati jika terkena larutan yang dapat melunturkan lemak seperti sabun atau handsanityzer.

2. Kenakan Masker Di Tempat Umum

Jika kamu keluar rumah ketempat umum, seperti restoran, mall, kendaraan umum seperti bus atau kereta api, kenakan selalu masker untuk menjaga agar jika ada orang yang batuk atau bersin tidak mengenai wajahmu.

3. Social Distancing

Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter atau lebih, karena penularan corona tidak melalui udara, jadi jika ada orang bersin atau batuk maka jarak tersebut akan mengindarkan kamu terkena bersin atau dahak orang tersebut.

4. Di Rumah Aja

Jika kamu tidak memiliki kepentingan yang benar-benar emergency, sebaiknya kamu tinggal di ruma saja (Stay Home). Karena hal ini dapat mencegah penularan dan penyebaran virus corona

5. Gunakan Masker, Buang Tisu

Gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika Anda sakit atau saat berada di tempat umum.
Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cuci tangan Anda.
Menunda perjalanan ke daerah atau negara di mana virus ini ditemukan.

6. Jaga Imunitas Tubuh

Tubuh yang sehat dan badan yang kuat akan mencegah dari berbagai penyakit dan virus jahat, karena jika kamu sehat maka daya tahan tubuh mu akan dapat melawan virus corona.

7. Olahraga (Workout)

Ketika kamu olahraga atau beraktivitas tubuhmu akan menjadi lebih panas, dan Virus Corona sendiri tidak cocok dengan hawa panas, hal ini bertujuan agar Virus atau Bakteri yang ada ditubuhmu terbunuh oleh metabolisme. Yah kamu bisa berolahraga di dalam rumah seperti push up atau lari ditempat.

8. Minum Vitamin Jika Perlu

Untuk mencegah penyebaran Corona kamu bisa meminum vitamin untuk menigkatkan daya tahan tubuhmu dan makan-makanan yang bergizi.

9. Pilih Makanan

Pilih makanan di sini pastikan kamu mebeli makanan dari temat yang jelas dan bersih, bila perlu beli makanan yang hangat seperti soto atau bakso karena akan lebih steril dan lebih bagus kamu memakannya dirumah dengan membungkus makanan yang kamu beli.

10. Jangan Keluar Kota Jika Kotamu Terjangkit Corona

Yah ini juga hal yang sangat penting, misal kamu bekerja atau menempuh pendidikan di kota lain dan di kotamu banyak orang yang terkena Corona, maka jangan pulang kamu, jika kamu pulang pada saat-saat seperti itu maka kamu tidak menyayangi orangtua atau keluargamu. Karena mungkin daya imun kamu kuat dan bisa melawan virus Corona, namun tidak dengan orangtua mu mugkin yang sudah berumur dan lebih rentan terkena virus dan penyakit. Jadi jika kamu mau pulang ke kota asalmu pastikan kalau wabah tersebut sudah teratasi.

11. Jangan Masuk Ke Kota Yang Terjangkit Corona

Jika di sebuah kota atau negara terjangkit virus atau wabah, jangan pernah masuk ke kota tersebut, karena itu sama saja dengan kamu bunuh diri. 

12. Hindari Nongkrong-Nongkrong Dan Traveling

Untuk saat ini, jika kamu suka nongkron-nongkrong dengan temanmu maka mulai saat ini tolong hindari dulu dan Jika kamu suka traveling atau liburan, tolong jangan lakukan itu dulu karena hal itu bukan saja membahayakan dirimu tapi juga membahayakan orang lain juga.

Sekian semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan edukasi pada kita semua, agar virus corona tidak menyebar dan korban yang terinfeksi dapat di cegah.

Baca Juga :


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel