10 Manfaat Luar Biasa Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Buah kurma, buah yang di gemari oleh Rasulluah ini selain rasanya yang enak dan manis. Buah Kurma memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Kurma memiliki kandungan luar biasa yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia, seperti vitamin, mineral, karbohidrat dan kandungan gizi lainnya.

Kurma,adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

10 Manfaat Luar Biasa Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

http://www.jooinfoo.com/2020/05/10-manfaat-luar-biasa-buah-kurma-bagi-kesehatan.html

1. Mengontrol gula darah

Kurma adalah pemanis alami dengan kandungan fruktosa yang baik untuk tubuh. Fruktosa merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah.

Kandungan gula ditambah dengan serat yang tinggi di dalam kurma bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan.

Kehadiran serat membuat kurma memiliki indeks glikemik rendah yang baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes.


2.  Mengatasi Anemia (Kurang darah)

Kurma adalah buah yang mengandung zat besi, nutrisi yang dapat membantu produksi sel darah merah. Maka tak heran buah ini dianjurkan bagi mereka yang mengalami anemia atau kekurangan darah.

Kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia biasanya ditandai dengan kelelahan, pusing, kuku rapuh dan sesak napas. Ini menjadi salah satu alasan mengapa kurma disarankan sebagai takjil berbuka puasa.

3.Menurunkan Tekanan Darah

Selain mengatasi peradangan, magnesium telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah. Salah satu makanan yang mengandung banyak magnesium adalah buah kurma.

Selain itu, potasium adalah mineral lain pada kurma yang memiliki beberapa fungsi di dalam tubuh, yakni untuk membantu kerja jantung yang tepat dan membantu mengurangi tekanan darah.

Satu lagi, manfaat kurma juga sebagai sumber kalium yang menurut penelitian dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke serta penyakit terkait jantung lainnya.

4. Meningkatkan Kesehatan Dan Kecerdasan Otak

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Musthafa Mohamed Essa dkk, menunjukkan bahwa khasiat kurma dapat mencegah stres oksidatif dan peradangan di otak.

Menurut penelitian ini, buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat total dan antioksidan alami, seperti anthocyanin, asam ferulic, asam protocatechuic, dan asam caffeic. Kandungan senyawa polifenolik ini berpotensi dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia.


5. Menjaga Berat Badan yang Sehat dan Ideal

Menurut United States Department of Agriculture (USDA) atau Departemen Pertanian Amerika Serikat, buah kurma kaya akan gula, protein, dan banyak vitamin dan mineral penting lainnya. Buah kering ini juga tinggi serat, yang dapat membantu dalam menjaga berat badan.

Sebuah penelitian pada hewan di tahun 2014 menunjukkan bahwa asupan kurma dapat membantu dalam penambahan berat badan. Namun, penelitian hewan lain yang dilakukan di tahun 2016 menunjukkan tidak ada peningkatan berat badan. Mengingat hasilnya yang saling bertentangan, maka dari itu masih diperlukan lebih banyak penelitian lainnya.

6. Kaya antioksidan untuk mencegah kanker

Kurma mengandung sejumlah antioksidan yang dapat mencegah sejumlah penyakit kronis. Antioksidan melindungi sel-sel di dalam tubuh dari radikal bebas, penyebab peradangan dan kerusakan organ.

Antioksidan yang terkandung dalam kurma, yaitu flavonoid, bermanfaat mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, dan kanker. Ada pula karotenoid yang menjaga kesehatan jantung dan mata. Kandungan antioksidan asam fenolik di dalam kurma juga dapat mencegah inflamasi dan sejumlah penyakit kanker.

7.  Menjaga kesehatan tulang

Kurma mengandung sejumlah mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Mineral yang terdapat di dalam kurma meliputi fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Zat-zat tersebut dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang manusia.

8. Mengurangi Risiko Stroke

Setelah mengevaluasi tujuh penelitian yang diterbitkan selama 14 tahun yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan bahwa risiko stroke berkurang sekitar 9 persen untuk setiap 100 miligram magnesium yang dikonsumsi seseorang per hari.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, magnesium terkandung dalam kurma. Jadi, konsumsilah buah ini jika tidak ingin mengalami stroke.

9. Mengobati Disfungsi Seksual

Sebuah penelitian pada hewan di tahun 2006, mengungkapkan ada efek kurma dan minyaknya terhadap fungsi seksual. Ini karena tingginya kadar estradiol dan komponen flavonoid pada kurma dapat membantu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

Sementara penelitian lain yang dilakukan di India menyatakan bahwa kurma telah digunakan untuk mengobati infertilitas pria dalam pengobatan tradisional.

10. Menangkal Radikal Bebas

Buah ini tinggi antioksidan yang mampu mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan bekerja melindungi sel dan jaringan tubuh dari stres dan peradangan kronis yang memicu berbagai risiko penyakit.

Flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik adalah beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Karotenoid juga dapat mengurangi risiko gangguan pada  mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel