6 Kegiatan Selama Bulan Ramadhan Supaya Tetap Produktif

6 Kegiatan Selama Bulan Ramadhan Supaya Tetap Produktif
6 Kegiatan Selama Bulan Ramadhan Supaya Tetap Produktif
Jooinfoo.com - Bulan Ramadhan merupakan waktu yang spesial bagi umat Muslim, karena pada momment ini seluruh umat muslim didunia melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari. Selain sebagai ibadah, puasa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Namun sering kali masih banyak orang yang bermalas-malasan pada waktu melaksanakan puasa, nahh lalu bagaimana dan apa saja kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk kegiatan kamu semakin produktif dan bermanfaat ? Simak daftar kegiatan positif dan produktif yang dapat kamu lakukan selama bulan Ramadhan.

1. Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an dibulan Ramadhan sangat dianjurkan bahkan umat muslim dianjurkan untuk memperbanyaknya. Selain menambah pahala, waktu kamu juga menjadi lebih produktif dan menghindari waktu bermalas-malasan. Dengan memperbanyak membaca Al-Qur'an kamu dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Membaca Buku

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan waktu kamu disiang hari maupun sore hari untuk membaca buku-buku yang kamu minati, selain untuk menambah wawasan juga kamu melatih untuk mengembangkan diri.

3. Buka Puasa Bersama

Biasanya dilingkungan masjid mengadakan buka puasa bersama dan disertai kegiatan yang bermanfaat lainnya seperti membaca Al-Qur'an bersama, pengajian, dan sedekah maupun kegiatan positif lainnya. Buka puasa bersama juga memberikan nilai positif untuk kamu lebih dekat dan silaturahmi dengan masyarakat.

4. Mendengarkan Ceramah atau Pengajian

Di bulan Ramadhan sering diadakan pengajian atau ceramah-ceramah yang dapat kamu ikuti, selain memanfaatkan waktu kamu sembari menunggu datangnya waktu berbuka puasa juga kamu dapat pengalaman dan ilmu baru.

5. Belajar hal yang disukai

Meskipun puasa seringkali terasa lapar, namun jadikan kamu untuk bermalas-malasan untuk tetap belajar, bahkan kamu harus meningkatkan belajar supaya kamu dapat mengoptimalkan waktu kamu menjadi lebih bermanfaat. Seperti contohnya belajar menulis, musik, atau belajar hal lainnya.

6. Itikaf di Masjid

Manfaatkan waktu dibulan Ramadhan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, kamu bisa beritikaf dimasjid, memperbanyak dzikir, doa, dan maupun belajar ilmu agama.

Itulah daftar kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan waktu kamu menjadi lebih produktif dan bermanfaat. Ikuti terus jooinfoo untuk mendapatkan informasi menarik lainnya ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel