√ Kumpulan Hadist Tentang Menuntut Ilmu Bagi Setiap Muslim

√  Kumpulan Hadist Tentang Menuntut Ilmu Bagi Setiap Muslim
√  Kumpulan Hadist Tentang Menuntut Ilmu Bagi Setiap Muslim
Jooinfoo.com - Keutamaan menuntul ilmu adalah wajib bagi setiap muslim, pada kesempatan ini jooinfoo akan membahas dan berbagi kumpulan hadist tentang menuntut ilmu.

Semakin banyak ilmu seseorang maka semakin tinggi derajatnya, dengan mempunyai ilmu yang kita kuasai maka untuk melakukannya akan meminimalisir kesalahan. Yuk berikut daftar hadistnya :

“Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya ; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula”. (HR. Bukhari dan Muslim)

”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR. Turmudzi)

Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga (HR Muslim)

“Apabila manusia telah meninggal dunia maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga amalan : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakan dia.” [HR. Muslim]

“Orang terbaik diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.”

“Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat.” (al-Baihaqy)

“Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang ilmu agama.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim No. 1037)

”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

“Para ulama adalah pewaris para nabi, Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi para nbi mewariskan ilmu. Maka , barang siapa mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang cukup.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah; Di sahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam kitab Shahihul Jami’ no. 6297).

“Mohonlah kepada Allah ilmu yang bermanfaat dan berlindunglah kepada-Nya dari ilmu yang tidak bermanfaat”. (Silsilatul ahaadiitsish shahiihah no. 1511.)

Itulah kumpulan beberapa hadist tentang keutamaan menuntut ilmu bagi setiap muslim. Ikuti terus jooinfoo untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel