Rangkuman Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Eropa

Rangkuman Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Eropa
Rangkuman Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Eropa
Jooinfoo.comkali ini akan berbagi Informasi  mengenai perkembangan Islam di benua Eropa. Informasi ini kami singkat dengan padat agar para pembaca lebih cepat memahami mengenai Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Eropa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pengunjung Jooinfoo, Jurnal Infromasi Dan Berita  dan bagi penulis sendiri.

Proses Masuk dan berkembangnya Islam di Eropa ?

Islam masuk ke Eropa melalui jalur kekuasaan yakni pada masa daulat Bani Umayah, dibawah kepemimpinan Khalifah Al Walid dan yang berkedudukan di Damaskus. Pada saat itu, Khalifah Al walid mengirimkan pasukan ke Afrika Utara untuk memperluas wilayahnya. Pada sekitar tahun 709 masehi, Mus bin Nusyair yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Afrika mengutus Thariq bin Ziad beserta pasukannya mengadakan penjajakan wilayah ke daerah benua Eropa yakni Spanyol dan ternyata pasukan tersebut berhasil menduduki wilayah Spanyol tanpa melakukan perlawanan yang berarti.

Wilayah Spanyol yang dikuasai diantaranya adalah Archidona, Toledo, dan Granada kemudian berhasil ditundukkan, dan Musa bin Nusyair menyusul ke Spanyol. Selanjutnya dengan bantuan pasukan Spanyol yang tersisa dan dukungan rakyat Spanyol yang tertindas oleh Roderick, Pasukan Islam berhasil menguasai Prancis dan negara-negara tetangganya hingga ke Skandanavia, Jerman, Polandia, Albania Hongaria, rumania, dan Bulgaria.

Selama delapan abad umat islam memerintah di Spanyol, banyak sejarah dan kemajuan yang telah dicapai mengingat delapan abad bukanlah waktu yang singkat. Umat islam berhasil membawa sejarah yang baik bagi penduduk Spanyol karena mereka tidak memperlakukan penduduk Spanyol sebagai jajahan dan berlaku-semena-mena. Pemerintahan islam memperlakukan penduduk Spanyol dengan baik dan tidak membatasi kegiatan mereka. Hal inilah yang menyebabkan Spanyol memiliki catatan sejarah yang lebih baik dibandingkan dengan sejarah negara Eropa lainnya.

Sekian diatasa merupakan sejarah singkat Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Eropa. Semoga artikel atau postingan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca blog informasi daan wawasan dari Jooinfoo.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel