Cara Membatasi Jarak Jangkauan Wifi Indihome dengan Mudah

Pembatasan jarak jangkauan wifi ini cukup penting Anda lakukan supaya wifi Anda tidak sembarangan dipakai oleh orang yang tidak dikenal. Kita dapat memeriksa pengguna yang tidak dikenal pada wifi indihome dengan mudah melalui menu administrator router. Jika anda menggunakan modem ZTE maka silahkan baca lebih lanjut pada tulisan rekan kami tentang cara mengetahui pengguna wifi indihome zte.

Jika anda menemukan perangkat yang tidak dikenal dan namun tidak terlihat orang tersebut di sekitar kita maka sebaiknya batasi jangkauan wifi anda. Setiap modem umumnya mempunyai fitur cara membatasi jarak jangkauan wifi indihome, sehingga Anda dapat melakukannya dengan mudah. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu Anda pahami, yaitu tentang bagaimana melakukan proses konfigurasi di modem yang Anda gunakan.



Inilah Cara Membatasi Jarak Jangkauan Wifi Indihome

    1. Buka Browser dan Masukkan Alamat IP (Konfigurasi)

Anda dapat membuka browser menggunakan perangkat yang Anda miliki, baik personal komputer ataupun smartphone. Untuk melakukan konfigurasi di modem fiber-home milik Anda, cukup dengan memasukkan alamat IP yaitu 192.168.1.1 untuk sampai di halaman. Ini merupakan langkah awal dalam cara membatasi jarak jangkauan wifi indihome.

    2. Lengkapi Menu yang Tertera

Setelah proses konfigurasi di atas sudah Anda lakukan, berikutnya Anda harus menginput keterangan yang diperlukan pada. menu yang tersedia di halaman. Keterangan yang harus Anda isikan diantaranya yaitu username berikut passwordnya. Setelah Anda menginput keterangan tersebut, Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya dengan menekan tombol login.

    3. Pilih Menu Network

Setelah Anda memasukkan username beserta password Anda, selanjutnya Anda akan dihubungkan pada tab yang selanjutnya. Ketika menu baru sudah muncul, Anda dapat menekan pilihan network yang tertera pada layar.

    4. Setting Pengaturan Wifi

Setelah Anda menekan pilihan network, maka Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan menu network pada layar. Karena Anda akan melakukan pengaturan pada wifi, maka Anda harus memilih menu WLAN. Setelah Anda memilih menu tersebut, maka Anda akan masuk di pengaturan Wifi, sesuai dengan yang akan Anda lakukan. 

Ketika Anda menggunakan modem jenis ZTE F609, Anda akan melihat beberapa poin yang Anda pilih. Anda cukup memilih pada poin basic. Kemudian Anda akan dihadapkan dengan tab yang berikutnya. Anda cukup mengikuti cara membatasi jarak jangkauan wifi indihome sesuai dengan tahapannya untuk melakukan pembatasan jaringan.

    5. Atur Transmitting Power

Kemudian, Anda akan dihadapkan dengan menu Wi-Fi control. Di sini Anda dapat melakukan perubahan presentase atas kekuatan sinyal dari Wi-Fi yang Anda miliki dengan tujuan untuk membatasi penggunaan wifi tersebut.  Pada awalnya, setting default dari modem Anda yaitu transmitting power = 100%.  

Anda dapat merubah presentase tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan perubahan presentase menjadi 40% saja. Apabila Anda melakukan hal tersebut, maka jangkauan dari wifi Anda berkurang dengan presentase sejumlah 60% dari sebelumnya. 

Ketika Anda menggunakan modem jenis ZTE F609, Anda dapat menekan pada opsi transmitting power pada bagian fitur yang tersedia dan dapat Anda lihat di layar. Fitur ini merupakan fitur yang dipakai untuk melakukan perubahan atau melakukan pengulangan setting pada jangkauan wifi Indihome yang Anda miliki. 

    6. Setting Telah Selesai Dilakukan

Jika Anda sudah memutuskan akan menggunakan presentase sejumlah berapa, maka Anda dapat menekan tombol apply. Setelah itu, setting wifi Anda yang baru sudah teraplikasikan, sehingga jangkauan wifi Anda tidak sejauh sebelumnya. 

Ketika Anda menggunakan modem jenis ZTE F609, setelah Anda menentukan presentase yang akan Anda tetapkan, Anda dapat menekan tombol submit. Ketika tombol submit sudah Anda klik, itu menunjukkan bahwa sudah terjadi approval dalam Anda melakukan cara membatasi jarak jangkauan wifi indihome pada sinyal wifi yang Anda miliki. 

Selanjutnya, modem akan secara otomatis menyesuaikan jangkauan jaringan sebelum wifi Anda gunakan kembali dengan normal. Setelah semua langkah tersebut Anda lakukan dengan benar, kemudian Anda dapat kembali menggunakan internet dengan jangkauan yang berbeda. 

Kini wifi sudah ada di berbagai tempat, bahkan tidak hanya tempat umum. Beberapa orang juga memilih untuk menggunakan wifi sendiri di rumah seperti memasang indihome. Akan tetapi, seringkali terdapat oknum yang ingin memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan mereka sendiri tanpa harus mengeluarkan modal, yaitu dengan memakai jaringan wifi orang lain. Apalagi jika setting dari wifi tersebut dapat digunakan dengan free.

Penggunaan wifi dengan gratis terkadang menyebabkan kegiatan berselancar di internet menjadi tidak terkendali dan bisa saja digunakan untuk melancarkan aksi kejahatan seperti cyber crime. Bahkan juga bisa menyebabkan pemilik dari wifi justru mengalami koneksi yang lambat. Oleh karena itu, pembatasan jaringan wifi ini sangat penting untuk dilakukan. 

Oleh karena itu, Anda perlu memahami bahwa jika Anda melakukan perubahan transmitting power supaya menjadi lebih kecil, Anda dapat memperkecil jangkauan dari wifi yang Anda miliki. Ketika Anda sudah berhasil melakukan semua tahapan cara membatasi jarak jangkauan wifi indihome, maka Anda dapat meminimalisir terjadinya kerugian yang mungkin Anda alami ataupun orang lain alami. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel