Berapa Biaya Perpanjang SIM Dan Caranya Lengkap Terbaru

 Kenapa Harus Perpanjang SIM ?

SIM (SURAT IZIN MENGEMUDI) memiliki batas waktu, dimana sebuah SIM harus di perpanjang dalam kurun waktu 5 tahun sekali. Terus kenapa kamu harus perpanjang SIM, jawabannya muda jika kamu telat perpanjang SIM maka kamu harus membuat pengahjuan SIM baru dan itu bukanlah hal yang sederhana dibandingkan dengan kamu memperpanjang SIM.

Biaya pengajuan SIM baru juga lebih mahal dibandingkan biaya perpanjang SIM. Namun bukan biaya yang menjadi persoalan utama, akan tetapi proses pengajuan SIM baru yang mengharuskan kita mengikuti semua tes. Yah, tes membuat SIM memang sulit, terutama tes praktek. Banyak sekali yang gagal dan akhirnya memilih jalan Nembak agar mendapatkan SIM yang diinginkan tanpa perlu mengikuti tes.

Berapa Biaya Perpanjang SIM Tahun 2020 Dan Caranya
Berapa Biaya Perpanjang SIM Tahun 2020 Dan Caranya

Biaya Perpanjang SIM Tahun 2020

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, tentang jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia biaya perpanjang SIM sebagai berikut:

SIM A Rp. 80.000
SIM B1 Rp. 80.000
SIM B2 Rp. 80.000
SIM C Rp. 75.000
SIM C1 Rp. 75.000
SIM C2 Rp. 75.000
SIM D Rp. 30.000
SIM D1 Rp. 30.000
Penerbitan SIM International Rp 225.000

Syarat Perpanjang SIM

  1. Mengisi formulir pengajuan perpanjangan SIM; 
  2. Kartu Tanda Penduduk asli setempat yang masih berlaku bagi Warga Negara Indonesia atau dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing; 
  3. SIM lama yang masih berlaku; 
  4. Surat keterangan lulus uji keterampilan Simulator 
  5. surat kesehatan dari dokter.


Dimana Tempat Perpanjang SIM

Sekarang perpanjang SIM lebih mudah, anda  bisa perpanjang SIM di Polda/Polres manapun asalkan ada memiliki E-KTP. Jadi bagi kamu yang tinggal di luar kota kamu tidak perlu pulang hanya karena ingin perpanjang SIM. sekedar info saya asli Jawa Tengah, tapi saya bisa mengurusnya di Tanggerang.


Bagaiaman Cara Perpanjang SIM ?

  1. Pemohon perpanjang SIM ke loket penerimaan dengan membawa dokumen syarat kelengkapan.
  2. Pemohon perpanjang SIM ke loket produksi melakukan identifikasi di Pokja Identifikasi dan Verifikasi yang meliputi foto, sidik jari, dan tanda tangan.
  3. Pemohon perpanjangan SIM menerima SIM yang diserahkan petugas.

Semoga artikel Berapa Biaya Perpanjang SIM  Dan Caranya dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi untuk memperpanjang SIM kamu.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel