√ 15 Istilah Saham Yang Wajib Kamu Ketahui

 Akhir-akhir ini para generasi Milenial dan generasi Z yang rata-rata sudah mulai menghasilkan uang sendiri, banyak dari mereka yang tertarik untuk membuat uangnya bekerja untuk mereka atau setidaknya mereka ingin mendapatkan return pengembalian yang lumayan atau sering kita dengar dengan istilah 'Cuan' yap banyak mereka memilih untuk menabung atau menginvestasikan uangnya dalam bentuk dividen, saham, obilagsi, dan pasar uang. Nah bagi kamu yang juga ingin mulai untuk menabung atau menginvestasikan penghasilanmu dalam saham ada baiknya kamu memahami Istilah-istilah dala dunia keuangan dan saham.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai istilah-istilah dalam dunia saham dan finansial yang populer atau sering digunakan dalam merepresentasikan sebuah peristiwa dalam dunia finansial atau saham.

15 Istilah Saham Yang Wajib Kamu Ketahui


15 Istilah Saham Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Blue Chip
Istilah dalam trading saham pertama adalah Blue Chip dimana ini sebuah saham dari sebuah perusahaan besar yang sudah diakui secara nasional dan sudah memiliki kemapaman dalam finansial. Selain itu juga saham yang dimiliki sebuah perusahaan dengan menjual layanan dan produk yang berkualitas tinggi sehingga dapat diterima oleh kalangan masyarakat luas in termasuk dalam istilah ini.

2. Cut Loss
Cut Loss mempunyai arti yaitu Memotong Kerugian, yang dimana sebuah kerugian dari turunnya harga saham yang sudah dibeli. Hanya sebuah rumor bagi value investor jika harga saham tidak menurun jika langsung dijual. Kecuali jika sebab menurunya oleh faktor fundamental maka saham tersebut dijual.

3. IPO (Initial Public Offering)
Istilah Dalam Trading Saham yang ketiga adalah Initial Public Offering yang biasanya disingkat IPO. Initial Public Offering atau IPO mempunyai arti yakni sebuah tawaran saham perdana kepada public.

Perdana disini maksudnya adalah perusahaan yang masih pertama dalam menawarkan sahamnya ke public atau biasa disebut dengan Istilah Go Public.

4. Deviden
Deviden adalah sebuah pendapatan yang diperoleh dari saham bersumberkan dari laba perusahaan yang berumur setahun. Deviden ini dapat diambil dengan Cuma memegang saham yang akan dibagikan dalam diveden sesuai dengan hari Cum-date nya.

Misalkan kamu baru saja membeli sebuah saham 1 menit yang lalu sebelum pasar saham tersebut tutup, kamu akan dicatat sebagai seorang investor dan berhak untuk mendapatkan deviden.

5. Capital Gain
Capital Gain sama seperti Deviden sebuah pendapatan dari keuntungan berinvestasi saham di sebuah bursa efek Indonesia. Capital Gain merupakan perbandingan antara saham yang dijual dengan saham yang dibeli. Maka jika di istilahkan dalam Bahasa inggris dan diartikan yaitu “ Untung ”.

Pengertian ini juga bermaksud dengan sebuah perdagangan dimana kita dapat menjual suatu barang dengan harga yang tinggi dari harga awal modal. Captain gain dapat kita dapatkan kapan saja, sehingga berbeda dengan deviden.

Jika harga saham selama itu masih dalam keadaan naik ketika kamu pegang dan memiliki fee trading yang tinggi. Maka kamu sudah dapat menjual saham tersebut dan Captain Gain akan kamu dapat. Selain itu kamu juga dapat membeli saham dipagi hari dan siangnya kamu bisa langsung menjualnya.

6. Market Capitalization
Istilah dalam trading saham ke enam adalah Market Capitalization yang mempunyai arti Kapitaliasasi Perusahaan. Market capnya akan besar jika perusahaan melepas lembar saham dengan jumlah yang banyak serta harga saham tinggi.

Naik turunnya IHSG dipengaruhi dengan jumlah lembar saham yang dilepaskan oleh perusahaan  tersebut. Kenaikan saham big cap rata-rata berpengaruh juga dengan IHSG dan sebaliknya.

7. Ex Date, Recording Date & Cum Date
Ketiga istilah diatas merupakan istilah yang marak dipergunakan ketika melakukan pembagian deviden dari sebuah perusahaan. Istilah saham dalam Bahasa inggris diatas mempunyai arti yakni :

Cum Date : Tanggal penentuan untuk mendapatkan deviden yaitu investor.
Ex Date : Merupakan hari berakhirnya Cum Date pemegang saham dan juga penerima deviden tidak terhitung.
Recording Date : Tanggal pencatatan saat melakukan pasar tunai Cum date kepada para penerima.

8. Cuan
Istilah Cuan dalam Saham yatu Bahasa yang bersalah dari China. Di Tingkok China para pedagang sering menggunakan istilah cuan ini. Cuan mempunyai arti yakni “ Untung “ arti untung ini juga marak digunakan sebagai istilah dalam dunia trading saham.

9. Likuidasi
Likuidasi adalah sebuah tindakan di mana perusahaan menjual semua asetnya agar bisa memperoleh uang.

10. Volume
Volume adalah istilah untuk jumlah lembar saham yang berpindah tangan antara penjual dan pembeli saham setiap harinya.

11. LQ45
LQ45 ini merupakan sebuah singkatan dalam saham yaitu Likuid dan 45. Singkatan tersebut memiliki maksud yakni sebuah transaksi yang ramai atau paling likuid di pasar modal yang termasuk dalam daftar 45 saham. Pihak BEI melakukan riset yang mana untuk memasukan saham kedalam kategori LQ45.

Biasanya yang masuk dalam kategori LQ45 merupakan sebuah saham yang memilii fundamental yang baik dan dalam transaksi bursa sangat ramai.

12. Yield
Yield adalah istilah saham untuk persentase pendapatan kotor yang dibagi dengan harga saham. Semakin tinggi yield suatu perusahaan, semakin perusahaan tersebut terancam kondisinya.

13. Portfolio
Portfolio adalah kumpulan investasi yang dilakukan oleh perorangan atau perusahaan.

14. Hedge
Hedge adalah investasi untuk mengurangi risiko pergerakan harga pada aset.

15. Market Cap
Kapitalisasi pasar adalah istilah yang menunjukkan harga keseluruhan dari sebuah perusahaan yaitu harga yang harus dibayar seseorang bila ingin membeli 100% kepemilikan perusahaan tersebut melalui pasar sekunder.

Kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan jumlah lembar saham beredar perusahaan tersebut dengan harga per lembar saham perusahaan saat ini.

Sekian semoga informasi terkait saham dan finansial ini dapat bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mempelajari atau hanya ingin mengingat istilah-istilah ini lagi semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel